Philippe Coutinho menjadi pemain termhal Barcelona (Sumber Foto: Getty Image/Alex Caparros)

10 Transfer Termahal Yang Pernah Dilakukan Barcelona

Michael | Sepakbola | 20-01-2022

Parboaboa.com – Barcelona pada bursa transfer kali ini melakukan pembelian yang menakjubkan. Blaugrana yang diberitakan sedang mengalami krisis ekonomi secara mengejutkan mendatangkan Ferran Torres dari Manchester City ke Camp Nou.

Untuk mendatangkan Ferran Torres, Barcelona harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Pemain berusia 21 tahun tersebut ditebus seharga 55 juta euro.

Blaugrana menyatakan bahwa Ferran Torres akan berada di Camp Nou hingga Juni 2027. Mantan pemain Valencia tersebut akan memilki klausul rilis sebesar 1 miliar euro.

Dengan demikian, Ferran Torres tercatat menjadi salah satu pembelian termahal yang pernah dilakukan Barcelona. Lalu, siapa saja pemain yang ditebus Barcelona dengan harga mahal sebelum Ferran Torres?

Berikut ini 10 transfer termahal yang pernah dilakukan Barcelona.

Malcom (Bordeaux)

Diperingkat ke-10 ada Malcom yang didatangkan Barcelona dari klub Prancis, Bordeaux pada musim panas 2018. Pemain asal Brasil ini dibeli seharga 41 juta euro.

Meski dengan harga mahal. Malcom gagal bersaing di lini depan Blagurana. Dia hanya bertahan selama satu musim sebelum akhirnya dijual ke Zenit St Petersburg.

Ferran Torres (Manchester City)

Meski sedang mengalami kesulitan keuanganm Barcelona tidak ragu untuk melakukan transfer besar dengan mendatangkan Ferran Torres dari Manchester City. Pemain berusia 21 tahun asal Spanyol ini ditebus seharga 50 juta euro dari The Citizens.

Kedatangan Torres diharapkan bisa memperbaiki lini serang Barcelona. Seperti yang diketahui, tim asuhan Xavi Hernandez terlihat kesulitan untuk mencetak gol pada musim ini setelah ditinggal Lionel Messi, Luis Suarez dan Antonie Griezmann.

Namun hingga sampai artikel ini terbit, Ferran Torres belum bisa dimainkan Barcelona dalam pertandingan. Akibat masalah keuangan yang dialami Barcelona.

Miralem Pjanic (Juventus)

Miralem Pjanic menjadi rekrutan termahal kedelapan yang didatangkan Barcelona. Didatangkan dari Juventus pada musim 2020 dengan harga 60 juta euro ditambah Arthur Melo membuat transfer menjadi salah satu transfer termahal Blaugrana.

Meski nilai transfernya terbilang cukup mahal, Pjanic tidak mendapatkan tempat di skuad Barcelona. Dengan begitu, gelandang asal Bosnia ini terpaksa dipinjamkan ke Beskita pada awal musim ini.

Zlatan Ibrahimovic (Inter Milan)

Tertarik dengan performa Ibrahimovic di Inter Milan, membuat Barcelona melakukan sebuah transfer yang mengejutkan dengan menukarkan Samuel Eto’o dengan pemain asal Swedia tersebut pada musim panas 2009. 

Kepindahan Ibrahimovic ke Camp Nou juga memakan biaya sebesar 69,5 juta euro yang membuat dirinya menjadi transfer termahal ketujuh yang pernah dilakukan Barcelona.

Sayang, Ibrahimovic hanya bertahan selama satu musim di Camp Nou dikarenakan berselisih paham dengan Josep Guardiola yang saat itu melatih Barcelona. Dia akhirnya dipinjamkan dan dipermanenkan oleh AC Milan.

Luis Suarez (Liverpool)

Kehilangan David Villa yang sering diterpa cedera, membuat Barcelona mendatangkan Luis Suarez dari Liverpool pada musim panas 2014. Penyerang asal Uruguay tersebut dibeli dari Anfield dengan harga yang mencapai 81,72 juta euro. Sekaligus menjadi pembelian termahal keenam yang dilakukan Barcelona.

Kedatangan Luis Suarez ke Barcelona ternyata tidak sia-sia. Selama membela Barcelona, Suarez berhasil menjadi salah satu penyerang produktif bersama dengan Messi dan Neymar. Yang membuat ketiga pemain ini dikenal dengan Trio MSN selama di Barcelona.

Namun, saat ini ketiga pemain sudah tidak lagi membela Barcelona. Yang terbaru, Lionel Messi dilepas secara gratis ke PSG akibat krisis keuangan yang dialami Blaugrana.

Frenkie de Jong (Ajax Amsterdam)

Wonderkid asal Belanda ini didatangkan Barcelona dari Ajax pada musim panas 2019. Kepindahan salah satu gelandang terbaik dunia ini memakan biaya sebesar 86 juta euro yang membuat dirinya masuk kedalam pembelian termahal Barcelona di posisi kelima.

Meski sempat mengalami kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Spanyol, De Jong kini menjadi andalan di lini tengah Blaugrana. Gelandang berusia 24 tahun ini sudah memainkan kurang lebih 114 pertandingan bersama Barcelona.

Neymar (Santos)

Neymar dibeli Barcelona dari klub asal Brasil, Santos pada musm panas 2013. Tak tanggung-tanggun, Blaugrana membelinya dengan harga 88,2 juta euro untuk dapat bermain di Camp Nou. Transfer ini sempat menjadi kasus yang membuat Barcelona didenda oleh federasi sepak bola spanyol terkait peraturan transfer pemain usia muda.

Neymar menunjukkan performa yang mengesankan di lini depan Barcelona bersama Trio MSN (Messi, Suarez, Neymar). Selama empat musim berseragam Barcelona, pemain yang saat ini berusia 29 tahun mampu mencetak 105 gol dan memenangkan sembilan trofi.

Antoine Griezmann (Atletico Madrid)

Antoine Griezmann didatangkan Barcelona dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Blaugrana harus mengeluarkan dana sebesar 120 juta euro untuk memakai jasa pemain yang pernah memperkuat Real Sociedad ini.

Sayang, penyerang asal Prancis ini belum mampu menunjukkan permainan terbaiknya di Camp Nou seperti saat berseragam Atletico Madrid. Hal ini membuat dirinya pada awal musim ini dikembalikan ke Atletico Madrid dengan status pinjaman.

Ousmane Dembele (Borussia Dortmund)

Ousmane Dembele menunjukkan performa yang menjanjikan bersama Borussia Dortmund. Pemain asal Prancis tersebut akhirnya dibeli Barcelona pada musim panas 2017 dengan biaya transfer yang mencapai 135 juta euro.

Sayangnya, karier Dembele bersama Barcelona bisa dibilang kurang mengesankan. Pasalnya, dia lebih sering menghabiskan waktu di ruang perawatan karena cedera daripada memainkan laga bersama Barcelona.

Philippe Countinho (Liverpool)

Diposisi puncak pembelian termhal Barcelona di pegang oleh Philippe Coutinho. Bermain apik bersama Liverpool membuat Barcelona membelinya pada musim dingin 2018 dengan harga 145 juta euro.

Meski tercatat sebagai pembelian termahal Barcelona, performa Coutinho di Spanyol tidak sesuai dengan harapan. Bahkan, pemain asal Brasil tersebut sempat dipinjamkan ke Bayern Munich pada musim 2019/2020 dan yang terbaru dipinjamkan ke Aston Vila pada bursa transfer Januari 2022.

Sumber: Transfermarkt 
 

Tag : #Barcelona    #bursa transfer    #liga spanyol    #ferran torres    #phillipe coutinho   

Baca Juga