parboaboa

Bos Chat GPT Kunjungi Indonesia, Akui Butuh Bantuan

Wanovy | Teknologi | 17-06-2023

Sam Altman, foto: TechCrunch

PARBOABOA - CEO OpenAI sekaligus pencipta layanan populer ChatGPT, Sam Altman terang-terangan minta bantuan ke Indonesia. Hal itu ia sampaikan dalam kunjungannya ke Tanah Air, di sela-sela sesi tanya jawab di Jakarta, Rabu (14/6) kemarin.

Ia mengatakan OpenAI ingin meningkatkan performa layanan ChatGPT untuk dukungan Bahasa Indonesia.

Hanya saja, pihaknya tak bisa melakukan itu lantaran tak memiliki akses ke dataset Bahasa Indonesia untuk melatih sistemnya.

"Kami butuh bantuan untuk mewujudkannya [dukungan Bahasa Indonesia yang mumpuni]. Jika Indonesia menyediakan dataset yang bisa kami gunakan, kami akan sangat senang," kata dia dalam sesi tanya-jawab, dikutip dari siaran langsung via YouTube.

Altman mengharapkan Indonesia bisa membuat dataset dalam Bahasa Indonesia untuk melatih dan mengevaluasi model bahasa generasi selanjutnya.

"Saya pikir jika Indonesia dapat menyediakan kumpulan data (dataset) dan mengevaluasi bahasa, kami akan dengan senang hati menggunakannya dan memasukkannya ke dalam model GPT kami berikutnya," kata Altman.

Sayangnya, menurut Altman, dataset itu sulit untuk tersedia dan digunakan perusahaannya. Makanya, harus ada kolaborasi untuk melatih ChatGPT untuk semakin baik, khususnya dalam Bahasa Indonesia.

"Bila melatih model bahasa dengan dataset Indonesia ini juga akan sangat bagus untuk masyarakat Indonesia. Dan kami akan sangat senang untuk berkolaborasi," kata pria bernama lengkap Samuel Harris Altman ini.

Sebagai informasi, ChatGPT adalah salah satu model berbasis teks yang menggunakan arsitektur Transformer untuk mengenali pola bahasa, menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing) untuk memahami pertanyaan atau pernyataan pengguna, dan memberikan respon yang relevan dan sesuai.

Dalam praktiknya, penggunaan ChatGPT sangat beragam. Beberapa contoh penggunaannya adalah untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan, memberikan bantuan berupa informasi, panduan, atau saran, menginspirasi ide baru di berbagai bidang kreatif seperti penulisan, desain, atau musik, serta membantu pengguna memahami konsep-konsep yang kompleks dengan menjelaskan secara lebih sederhana, memberikan definisi, atau memberikan contoh yang berguna.

Saat ini, OpenAI sudah mengembangkan tiga model bahasa (language model). Salah satunya GPT-3.5 yang digunakan pada chatbot AI ChatGPT.

Secara umum, GPT-3.5 yang digunakan di ChatGPT baik memahami bahasa Inggris dan beberapa bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Saat ini, salah satu cara untuk meningkatkan dukungan bahasa Indonesia di ChatGPT adalah pengguna sebisa mungkin memberikan feedback alias umpan balik terhadap jawaban ChatGPT.

ChatGPT yang diperkenalkan pada November 2022 ini sempat menghebohkan industri teknologi. Dalam waktu 2 bulan, layanan itu sudah meraup 100 juta pengguna aktif.

Nama Altman pun langsung menjadi headline di media. Namun, popularitas itu disertai dengan banyak kontroversi.

ChatGPT dianggap membawa risiko fatal bagi peradaban manusia. Antara lain terkait peningkatan pengguran karena digantikan chatbot AI, hingga maraknya disinformasi.

Altman menyadari hal ini. Karena itu, ia merekomendasikan lembaga khusus tersebut berfungsi seperti IAEA, yakni badan internasional yang mengawasi penggunaan nuklir.

Editor: Wanovy

Tag: #OpenAI    #chatgpt    #teknologi    #internet    #Sam Altman   

BACA JUGA

BERITA TERBARU