parboaboa

5 Fakta Menarik Arawinda Kirana, Pemeran Utama Film Yuni

Sarah | Hiburan | 27-11-2023

Fakta menarik Arawinda Kirana (Foto: Instagram/@Arawindak)

PARBOABOA – Arawinda Kirana adalah aktris multitalenta yang kerap mencuri perhatian publik. Meski merupakan pendatang baru, namun ia berhasil menyabet sejumlah nominasi dan penghargaan bergengsi.

Namanya kian dikenal luas usai didapuk menjadi pemeran utama dalam film berjudul “Yuni” pada tahun 2021 lalu.

Namun di puncak kepopulerannya, perempuan yang akrab disapa Ara ini justru diterpa isu miring. Ia dituding memiliki kedekatan spesial dengan seorang pria yang sudah beristri.

Sejak kabar tersebut mencuat, Arawinda memang sempat bungkam dan memutuskan untuk menarik diri dari dunia entertainment.

Meski sempat vacum, kini ia kembali mengudara dengan merilis sebuah film pendek berjudul “Diam”. Tak main-main, film ini merupakan hasil karyanya sendiri yang dibuat untuk menyuarakan isu kekerasan seksual.

Selaku sutradara dan pemeran utama dalam film tersebut, Arawinda dengan berani mengungkapkan pengalaman pribadinya yang pernah menjadi korban pelecehan seksual.

Meski sempat membuat heboh publik dengan kontroversinya, namun terdapat beberapa fakta menarik Arawinda Kirana yang jarang diketahui publik. Penasaran? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Berpendidikan Tinggi

Potret Arawinda Kirana (Foto: Instagram/@Arawindak)

Sosok Arawinda Kirana memang dikenal sebagai aktris pendatang baru yang cukup populer dan berhasil mencuri perhatian banyak orang.

Karier yang mentereng juga tak membuatnya lantas melupakan pendidikan begitu saja. Ara menyelesaikan studi di Sekolah Perkumpulan Mandiri pada tahun 2019 lalu.

Ia kemudian melanjutkan studi ke New York Film Academy. Di sana, Ara mengikuti kursus penulisan skenario selama empat bulan melalui Screenwriting Summer Course.

Tidak berhenti di situ, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Institut Kesenian Jakarta pada tahun 2020, memilih program S-1 dengan fokus pada Televisi dan Film.

2. Mendapatkan Penghargaan Bergengsi

Meskipun masih baru dalam dunia hiburan, prestasi Arawinda tidak bisa dianggap enteng. Pada tahun 2020, ia meraih penghargaan sebagai Aktris Pendatang Baru Terpilih dalam Piala Maya untuk perannya dalam "Quarantine Tales".

Tak hanya itu, tahun 2021 juga membawa kesuksesan lebih lanjut kepada Arawinda yakni memenangkan kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia melalui perannya di "Yuni".

Di samping itu, dalam film yang sama, Arawinda juga mengukir prestasi di Asian World Film Festival dan Red Sea International Film Festival sebagai Aktris Terbaik.

3. Membintangi Sejumlah Film dan Serial Web

Fakta menarik Arawinda Kirana (Foto: Instagram/@Arawindak)

Arawinda Kirana telah menunjukkan bakat aktingnya melalui sejumlah film dan serial web yang berhasil mencuri perhatian penonton

Salah satu penampilannya yang paling mencolok adalah dalam film "Galih dan Ratna" (2017). Film ini menandai awal perjalanan gemilangnya di industri hiburan.

Tidak hanya itu, perannya dalam serial web terkenal "Nurbaya" sebagai Siti Nurbaya telah membantu mengukuhkan posisinya sebagai salah satu aktris papan atas. Keberhasilannya dalam proyek-proyek ini mencerminkan dedikasinya terhadap seni peran.

4. Penyanyi sekaligus Model Video Klip

Selain menjadi aktris berbakat, Arawinda juga membuktikan keberagamannya sebagai seniman dengan kemampuan menyanyi.

Dalam perannya sebagai pengisi lagu tema untuk serial web "Nurbaya," Arawinda tidak hanya memberikan suara indahnya, tetapi juga menciptakan tujuh lagu yang mendalam, seperti "Seharusnya Wanita" dan "Belum Berakhir."

Keikutsertaannya dalam musikalisasi puisi bersama Annecy Anshor dalam "Sajak Tafsir" menunjukkan kemampuannya dalam menggabungkan seni yang berbeda.

5. Aktivis Sekaligus Fashion Blogger

Fakta menarik Arawinda Kirana (Foto: Instagram/@Arawindak)

Arawinda tidak hanya aktif di media sosial tetapi juga memiliki kanal YouTube yang memperkaya portofolionya.

Ia mengidentifikasi dirinya sebagai pembuat film, aktivis, fashion blogger, dan penampil. Ara telah bergabung di YouTube sejak tahun 2011 dan telah memiliki 7.000 subscribers.

Di kanal YouTubenya, ia secara rutin membagikan konten seputar dunia fashion, termasuk tutorial tentang cara menggunakan selendang dan rekomendasi pembelian kain kepada para pengikutnya.

Demikian beberapa fakta menarik Arawinda Kirana yang jarang diketahui publik. Beragam prestasi yang berhasil diraih membuat dirinya dikenal sebagai public figure yang sukses dan menginspirasi banyak orang.

Editor: Juni

Tag: #arawinda kirana    #aktris    #hiburan    #fakta menarik arawinda kirana   

BACA JUGA

BERITA TERBARU