parboaboa

7 Air Terjun Tertinggi di Indonesia dengan Keindahan yang Memukau

Wanovy | Travel | 03-02-2024

Ilustrasi air terjun tertinggi di Indonesia (Foto: PARBOABOA/Wanovy Hutapea)

PARBOABOA - Air terjun merupakan salah satu wisata alam Indonesia yang kini populer dikunjungi wisatawan. Namun, apakah kamu pernah mengetahui di mana air terjun tertinggi di Indonesia?

Petualangan di sekitar air terjun tidak hanya memberikan keindahan alam yang memukau, namun juga pengalaman tak terlupakan sepanjang perjalanan.

Kesegaran air dan udara di destinasi akhir turut menjadi daya tarik utama bagi para penjelajah.

Indonesia, dengan ragam karakteristik air terjunnya, menyimpan beberapa air terjun tertinggi yang tidak hanya lebar atau tidak terlalu tinggi, namun juga tersembunyi di lokasi yang menuntut perjalanan ekstra.

Nah, berikut ini 7 air terjun tertinggi di Indonesia yang paling memukau dan eksotis. Check it out!

1. Air Terjun Sigura-gura (250 meter)

Ilustrasi (Foto: PARBOABOA/Wanovy Hutapea)

Air terjun tertinggi di indonesia adalah adalah air terjun Sigura-gura yang terletak di Sumatera Utara.

Meskipun bukan salah satu air terjun tertinggi di dunia, Sigura-gura atau yang lebih dikenal dengan air terjun ponot ini memiliki ketinggian yang mengesankan.

Air Terjun Sigura-gura memiliki ketinggian sekitar 250 meter dan merupakan salah satu objek wisata alam yang populer di Sumatera Utara.

Air terjun Ponot tertinggi di Indonesia ini terletak di dekat Danau Toba dan dapat dijangkau dari kota Medan. Jadi, ketika menyebut air terjun tertinggi di Indonesia, Air Terjun Sigura-gura juga seharusnya masuk dalam daftar tersebut.

2. Air Terjun Madakaripura (200 meter)

Ilustrasi (Foto: PARBOABOA/Wanovy Hutapea)

Air terjun tertinggi di Indonesia kedua adalah air terjun Madakaripura yang memiliki ketinggian 200 meter. Lokasinya ada di Branggah, Sapih, Kec. Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67183

Mengutip dari situs kemenparekraf.go.id, air terjun Madakaripura menjadi salah satu wisata andalan di Probolinggo.

Meskipun medannya cukup terjal, tetapi pemandangan yang ditawarkan sebanding dengan pengorbanannya.

Bagi yang tidak ingin bersusah payah mendaki, bisa naik ojek lokal bertarif Rp30.000 dari parkiran menuju air terjun.

3. Air Terjun Nokan Kayan (180 meter)

Ilustrasi (Foto: PARBOABOA/Wanovy Hutapea)

Air Terjun Nokan Nayan merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kalimantan Barat, Indonesia. Air terjun ini berada di kawasan hutan Lindung Gunung Palung, Kabupaten Ketapang.

Sayangnya, informasi spesifik tentang ketinggian Air Terjun Nokan Nayan tidak selalu mudah ditemukan.

Air Terjun Nokan Nayan terkenal karena keindahan alam sekitarnya dan menjadi destinasi wisata alam yang menarik.

Kawasan ini memiliki keanekaragaman hayati yang kaya, dan perjalanan menuju air terjun dapat memberikan pengalaman petualangan dan petualangan hutan yang unik.

Air terjun ini rupanya memiliki kisah mistis. Berada di lingkungan Suku Dayak, tempat ini konon merupakan kampung mahluk halus.

Bahkan di lokasi tersebut juga kerap dijadikan tempat ritual warga sekitar. Para pengunjung pun harus menjaga aturan ketika berada di air terjun tersebut.

4. Air Terjun Lembah Harau (150 meter)

Ilustrasi (Foto: PARBOABOA/Wanovy Hutapea)

Diurutan keeempat, air terjun tertinggi di Indonesia adalah Air Terjun Lembah Harau dengan ketinggian 150 meter.

Air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan dan menjadi spot wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Harau terletak di kota Payakumbuh, Sumatera Barat, sekitar 138 km dari kota Padang dan 7 km dari kota Bukittinggi.

Hal yang menarik, di kawasan wisata air terjun tertinggi di Indonesia ini, pengunjung tidak hanya bisa melihat air terjunnya tapi juga mendaki gunungnya lho!

Bagi kamu yang masih pemula, disarankan untuk menyewa pemandu lokal agar keselamatan lebih terjaga. Air terjun ini memiliki 7 tingkat, setiap tingkat memiliki keindahan tersendiri.

5. Air Terjun Batang Kapas (133 meter)

Ilustrasi (Foto: PARBOABOA/Wanovy Hutapea)

Air terjun Batang Kapas yang ada di Riau ini menyuguhkan pemandangan eksotis, yakni perpaduan birunya langit, hijaunya hutan, dan putihnya dinding batuan air terjun.

Uniknya, aliran air yang berasal dari Sungai Batang Kapas ini tampak tidak bersentuhan dengan tebing batu di belakangnya. Fenomena ini disebut dengan istilah overhanging ledge falls.

Untuk menambah keseruan selama berkunjung ke Batang Kapas, pengunjung biasanya akan bermalam di lokasi yang ada tepat di balik gemuruh air terjun.

Tempat ini berada di atas cekungan batu dan memiliki panjang sekitar 50 meter serta lebar 2–4 meter.

6. Air Terjun Sipiso-piso (120 meter)

Ilustrasi (Foto: PARBOABOA/Wanovy Hutapea)

Berlokasi tidak jauh dari Danau Toba, Sipiso-piso terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melewati sebuah gua di sisi kawah danau.

Meski air yang keluar dari gua tidak begitu besar, aliran air terjun Sipiso-piso terbilang cukup deras. Dari kejauhan, air terjun tampak begitu indah dan tajam layaknya “piso” alias pisau. 

Jika ingin menikmatinya dari bawah, siapkan tenaga ekstra untuk menuruni sekitar 500 anak tangga selama kurang lebih satu jam.

Jika menyaksikan dari atas, kamu juga akan mendapatkan bonus pemandangan Danau Toba, bukit bentangan Pulau Samosir, hingga pematang sawah dan ladang Desa Tongging.

7. Air Terjun Tumpak Sewu (120 meter)

Ilustrasi (Foto: PARBOABOA/Wanovy Hutapea)

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Indonesia.

Keunikan Tumpak Sewu terletak pada ragam air terjun yang turun dari tebing setinggi sekitar 120 meter, membentuk tirai air yang spektakuler.

Berbeda dengan beberapa air terjun tertinggi yang terletak di daerah pegunungan Papua, Tumpak Sewu menarik perhatian dengan panorama alamnya yang indah dan akses yang relatif mudah.

Air terjun ini dikelilingi oleh hamparan hijau perbukitan dan dikelilingi oleh lingkungan alam yang memukau.

Keindahan air terjun tertinggi di Indonesia menciptakan daya tarik tersendiri bagi para pelancong dan pecinta alam.

Dari Papua hingga Jawa Timur, setiap air terjun memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan memikat dengan pesona keajaiban alam.

Nah, itulah tadi beberapa air terjun tertinggi di Indonesia. Jelajahi keindahan Indonesia dan nikmati keajaiban air terjun tertinggi di negeri ini!

Editor: Wanovy

Tag: #air terjun tertinggi    #air terjun indonesia    #travel    #wisata indonesia   

BACA JUGA

BERITA TERBARU