parboaboa

Apa Arti dari Allah Azza Wa Jalla? Ini Tulisan Arab, Latin, dan Perbedaannya dengan Allah SWT

Ratni Dewi Sawitri | Islam | 17-07-2023

Allah Azza Wa Jalla (Foto: Parboaboa/Ratni)

PARBOABOA - Azza Wa Jalla adalah ungkapan yang sering dipakai untuk menyebut nama Allah. Ungkapan ini adalah gelar atau nama yang termasuk dalam Asmaul Husna.

Dalam Islam, Asmaul Husna merujuk kepada 99 nama-nama Allah yang terbaik dan mulia. Secara harfiah, Hasmaul Husna berarti "nama-nama yang indah" atau "nama-nama yang sempurna.

Seorang Muslim harus meyakini dan mencontohi sifat-sifat Allah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menyebut Asmaul Husna dalam setiap dzikir dan doa, serta selalu mempergunakan nama-nama tersebut saat menyebut Allah, termasuk dengan menyebut Allah Azza Wa Jalla.

Lantas, apa arti Allah Azza Wa Jalla dan maknanya. Berikut Parboaboa akan memberikan ulasannya secara jelas. Simak ulasannya di bawah ini ya.

Tulisan Arab Allah Azza Wa Jalla Beserta Artinya

Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang disembah oleh umat Muslim. Dia adalah Pencipta segala sesuatu dan memiliki kendali penuh atas alam semesta secara keseluruhan.

Berikut ini tulisan Allah Azza Wa JallaArab, latin, dan artinya.

الله عز وجل

Tulisan Latin: "Allah Azza Wa Jalla"

Artinya : “Allah Yang Mahaperkasa, Maha Besar, Maha Mulia, dan Maha Agung.”

Arti Allah Azza Wa Jalla

Allah Azza Wa Jalla artinya sebuah frasa yang sering digunakan oleh umat muslim untuk menyebut nama Allah dan juga sifat Allah yang termasuk dalam Amaul Husna.

Kata 'Azza' berasal dari 'Izzah' yang artinya kekuatan. Kata tersebut mewakili sifat Allah yaitu Al-Aziz. Sedangkan kata 'Jalla' berasal dari Al-Jalaal yang berarti kebesaran dan penghormatan.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Azza Wa Jallaadalah sebuah gelar yang dimiliki Allah. Dalam bahasa Indonesia, makna Allah Azza Wa Jalla adalah Maha Mulia dan Maha Agung.

Dikutip dari buku Rahasia Keajaiban Asmaul Husna, karya Syafi'ie el-Bantanie (2009), dijelaskan bahwa Allah Al-Aziz memiliki arti Allah yang Mahaperkasa. Allah Maha Menundukkan setiap yang menentang-Nya, dan tidak ada yang dapat mengalahkan-Nya. Allah adalah Yang Mahaperkasa dan Mahamulia.

Sementara dalam Al-Quran surat Al Fathir ayat 10, juga ditegaskan bahwa:

وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهٗ ۗوَالَّذِيْنَ يَمْكُرُوْنَ السَّيِّاٰتِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيْدٌ ۗوَمَكْرُ اُولٰۤىِٕكَ هُوَ يَبُوْرُ

Artinya : Barangsiapa menghendaki kemuliaan, maka (ketahuilah) kemuliaan itu semuanya milik Allah. Kepada-Nyalah akan naik perkataan-perkataan yang baik, dan amal kebajikan Dia akan mengangkatnya. Adapun orang-orang yang merencanakan kejahatan mereka akan mendapat azab yang sangat keras, dan rencana jahat mereka akan hancur.

Dalam Al Quran Surat Ar Rahman Ayat 78, juga tentang sifat Keagungan Allah, berikut bunyinya:

تَبٰرَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِى الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِ ࣖ

Artinya: Mahasuci nama Tuhanmu Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.

Secara bahasa, Al-Jalil berarti kedudukan yang tinggi. Al-Jalil artinya Allah Maha Luhur yang mempunyai kekayaan, kekuasaan, dan kesucian. Dialah pemilik kebesaran dan kehormatan. Allah Yang Maha Kuat dan tidak terkalahkan.

Perbedaan Allah SWT dengan Allah 'Azza Aa Jalla

Dalam Islam, baik Allah SWT maupun Allah 'Azza Wa Jalla merujuk kepada Allah, Tuhan yang disembah oleh umat Muslim. Kedua istilah ini digunakan secara umum dan memiliki makna yang sama, yaitu Tuhan yang Maha Esa dan Maha Mulia.

Allah SWT adalah singkatan dari "Subhanahu wa Ta'ala" yang berarti "Maha Suci dan Tinggi Allah". Penggunaan akronim "SWT" adalah bentuk penghormatan untuk menggambarkan keagungan Allah.

Sementara itu, Allah 'Azza Wa Jalla adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan penghormatan dan pujian yang tinggi kepada Allah. "Azza" berarti keagungan atau kemuliaan, sementara "wa Jalla" berarti dan keagungan. Ungkapan ini menekankan kebesaran dan keagungan Allah.

Secara substansial, tidak ada perbedaan dalam pengertian dan keimanan terhadap Allah SWT antara penggunaan Allah SWT dan Allah 'Azza wa Jalla. Kedua istilah tersebut digunakan untuk mengakui dan menghormati kebesaran, keagungan, dan kesempurnaan Allah dalam agama Islam.

Itulah penjelasan tentang arti Allah Azza Wa Jalla beserta dengan maknanya. Semoga ulasan ini bermanfaat buat kamu,ya.

Editor: Sari

Tag: #sifat sifat allah    #allah azza wa jalla    #islam    #arti azza wa jalla    #tulisan arab arti azza wa jalla   

BACA JUGA

BERITA TERBARU