Allahumma Yassir Wala Tukassir artinya (Dok: ilmusiana.com)

Doa Allahumma Yassir Wala Tu'assir Artinya Beserta Tulisan Arabnya dan Maknanya

Rahma | Pendidikan | 02-06-2022

PARBOABOA - Doa allahumma yassir wala tu'assir merupakan salah satu doa pendek yang sering dibacakan seseorang ketika sedang mengalami kesulitan dan mengharapkan kemudahan dari Allah SWT.

Tidak hanya membacanya, kita sebagai umat Islam juga harus mengetahui lafal allahumma yassir wala tu'assir artinya, arab latin, terjemahan, serta kandungannya.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kita akan membahas secara lengkap arti allahumma yassir wala tu'assir arab dan penulisannya. Simak informasinya pada ulasan dibawah ini ya teman!

Tulisan Arab Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Agar membacanya dengan benar dan sesuai dengan hukum bacaan yang ada, kita terlebih dahulu harus tahu mengenai bentuk tulisan arab allahuma yassir wala tu’assir.

Lafal doa allahuma yassir wala tu’assir artinya, berasal dari hadis sahih yang telah tercatat dalam kitab hadis Al-Bukhari dan Muslim.

Dalam hadis itu, terdapat lafal allahumma yassir wala tu'assir yang merupakan nasihat yang diberikan Rasulullah SAW kepada umatnya.

Berikut ini lafal tulisan arab allahumma yassir wala tu'assir artinya beserta bacaan arab latin agar mudah untuk kamu ikuti:

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر, بَشِّرُوْوَلَا تُنَفِّرُو

Yassiruu walaa tu’assiruu, basyiruu walaa tunaffiruu.

Artinya: “Permudahlah, jangan dipersulit, berilah kabar gembira, jangan ditakut-takuti.”

Berdasarkan hadis diatas, berikut tulisan arab allahumma yassir wala tu'assir artinya dan lafal bacaan doa allahumma yassir wala tu'assir .

• Tulisan Arab Allahumma Yassir Wala Tu'assir Artinya, Beserta Arab Latin 

اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ

Bacaan allahumma yassir wala tu'assir arab latin: 

Allahumma yassir walaa tu'assir

Artinya:

"Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah engkau persulit".

• Doa Allahumma Yassir Wala Tu'assir Artinya, Beserta Arab Latin 

رَبِّ يَسِّرْ وَلَا تُعسِّرْ

Bacaan allahumma yassir wala tu'assir arab latin: 

Robbi yassir walaa tu'assir

Artinya: "Ya tuhanku, mudahkanlah dan jangan engkau persulit".

Pengertian dan Arti Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat ini banyak umat Islam yang sering melafalkan maupun menuliskan allahumma yassir wala tu'assir di beberapa kondisi.

Namun sayang, tidak jarang sebagian dari kita masih bertanya, termasuk jenis apakah doa Allahumma yassir wala tu’assir?

Dalam bahasa Arab, bacaan allahumma yassir wala tu'assir artinya doa yang mengandung seruan, perintah atau larangan.

Kalimat seruan pada doa ini, terdapat dalam kata “Allahumma” yang artinya “Ya Allah”, sementara kata perintah terkandung dalam kalimat “yassir” yang berarti “mudahkanlah”.

Selajutnya, kalimat larangan yang terkandung dalam bacaan doa allahumma yassir wala tu'assiritu terdapat pada kata “laa tu’assir” yang artinya“jangan dipersulit”.

Maka dapat disimpulkan, doa allahumma yassir wala tu'assir artinya sebuah kalimat permohonan kepada Allah SWT, untuk diberikan kemudahan dalam menghadapi segala urusan atau mengatasi segala kesulitan yang dialami.

Atau dapat dikatakan, doa allahumma yassir wala tu'assir artinya salah satu doa pendek yang sangat tepat dibaca pada saat seseorang akan memulai suatu aktivitas.

Orang yang membaca doa ini adalah orang-orang yang berharap, bahwa Allah SWT akan memberikan kemudahan dan kelancaran terhadap aktivitas yang dilakukannya, mulai dari awal sampai selesai.

Selain itu, jika seseorang membaca doa allahumma yassir wala tu'assir artinya ia termasuk orang yang selalu merasakan dan yakin akan ada campur tangan Allah SWT dalam setiap aktivitas yang dilakukannya.

Doa Pengganti Allahumma Yassir Wala Tu'assir Artinya 

Ternyata, selain doa allahumma yassir wala tu'assir, terdapat pula doa dengan lafal yang berbeda namun masih memiliki makna dan tujuan yang sama.

Jika doa allahumma yassir wala tu'assir merupakan serapan dari nasihat Nabi Muhammad SAW yang tercatat dalam buku hadis.

Maka doa berikut, merupakan doa yang pernah dibacakan langsung oleh Rasulullah sebagaimana diriwayatkan Anas bin Malik R.a dalam kitab Shahih Ibnu Hibban.

Berikut ini lafal doa yang dapat dibaca dan memiliki makna yang sama dengan doa allahumma yassir wala tu'assir:

اللَّهُمَّ لَا سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ سَهْلًا إِذَا شِئْتَ

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna sahlan idza syi`ta

Artinya:

“Ya Allah! Sesungguhnya tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau membuatnya mudah dan Engkau menjadikan kesusahan itu mudah jika Engkau berkehendak.”

Sebenarnya Allah SWT adalah dzat yang maha pemurah lagi maha penyayang. Ketika Allah SWT memberikan ujian atau cobaan kepada hambanya, bukan berarti dia tidak sayang lagi dengan hambanya.

Melainkan, ia hanya ingin menguji atau menegur hambanya agar segera kembali kepadanya. Perlu diingat, Allah SWT tidak pernah memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hambanya.

Pernyataan ini sesuai dengan firman Allah SWT yang diabadikan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 286 yang memiliki arti: 

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan

kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan

kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”

Namun demikian, ketika kita mendapatkan cobaan atau pun ujian, alangkah baiknya jika kita kembali dan meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Karena Allah SWT, sangat mencintai hambanya yang suka meminta suatu hal melalui berdoa kepadanya. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan salah satu doa diatas untuk memohon bantuan kepada Allah SWT.

Perlu diingat pula, selain berdoa kita juga diperintahkan untuk ikhtiar atau berusaha. Karena ikhtiar merupakan suatu bentuk kesungguhan, untuk membuktikan bahwa orang itu pantas mencapai suatu hal yang diinginkannya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai allahumma yassir wala tu'assir artinya beserta tulisan arab dan dalil penjelasannya.

Tag : #pendidikan islam    #doa    #pendidikan    #allahumma yassir wala tu assir    #hadis    #dalil   

Baca Juga