Penyebab wifi tidak bisa tersambung (Dok: Line Today)

Kenapa Wifi Tidak Bisa Tersambung? Berikut Penjelasannya

Juni | Teknologi | 19-05-2022

PARBOABOA - Di jaman sekarang, tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat semakin bergantung kepada internet. Hal itu disebabkan karena banyak hal yang dapat dilakukan dengan adanya internet.

Salah satu cara untuk mendapatkan koneksi internet adalah dengan menghubungkan laptop atau ponsel ke jaringan WiFi. Namun, terkadang kita mengalami kesulitan. Lalu, kenapa WiFi tidak bisa tersambung?

Umumnya, penyebab wifi tidak tersambung disebabkan oleh jangkauan router WiFi yang terlalu jauh. Disamping itu, juga ada beberapa penyebab lain seperti tumpukan cache yang ada pada aplikasi, dan masih banyak penyebab atau gangguan lainnya.

Jika kamu sedang mengalaminya, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui kenapa WiFi tidak bisa tersambung secara normal.

1. Memasukkan Kunci atau Kata Sandi WiFi yang Salah

Terdapat beberapa penyebab wifi tidak tersambung, salah satunya adalah kesalahan dalam memasukkan kata sandi. Menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi yang diamankan memerlukan kata kunci atau frasa sandi WEP.

Untuk itu, kamu harus mengetik kata sandi dengan teliti dan mengecek kembali sampai benar. Jika sudah memasukkan kata sandi dengan benar, namun tetap tidak tersambung, bisa jadi terdapat kesalahan lain dalam perangkat yang anda gunakan.

2. Hardware pada Laptop Mengalami Kerusakan

Penyebab kenapa wifi tidak bisa tersambung selanjutnya adalah hardware atau perangkat keras pada laptop mengalami kerusakan sehingga tidak bekerja secara optimal. Hal itu dapat diketahui dengan melihat lampu indikator yang terdapat pada laptop.

Lampu indikator yang berwarna merah menandakan bahwa perangkat keras laptopmu sedang mengalami kerusakan. Hal tersebut menyebabkan driver menjadi tidak terdeteksi.

3. Menggunakan SSH dan Proxy

Biasanya, penggunaan SSH dan proxy dilakukan dengan mengubah setelan network connection untuk menyambungkan laptop ke jaringan internet tertentu. Akan tetapi, setelahnya kamu tidak dapat menyambungkan laptop ke jaringan WiFi umum.

Jika kamu dalam kondisi tersebut, maka yang perlu kamu lakukan adalah menyetel ulang network connection pada laptop milikmu.

4. Mode Pesawat Sedang Aktif

Kamu tidak dapat menyambungkan laptop ke jaringan WiFi disaat airplane mode pada laptop sedang aktif. Kamu mungkin secara tidak sengaja mengaktifkan mode pesawat sebelumnya, hal itulah yang menjadi penyebab kenapa wifi tidak bisa tersambung.

Oleh sebab itu, pastikan laptop tidak sedang dalam mode pesawat. Pada laptop tertentu, terdapat lampu indikator yang menyala untuk menandakan sedang berada dalam mode pesawat.

5. Driver Ethernet Controller Tidak Terpasang

Untuk dapat tersambung ke jaringan WiFi, kamu perlu memasang Driver Ethernet Control pada laptop milikmu. Untuk mengetahui apakah sudah terpasang atau belum, kamu dapat mengecek di device manager. Jika sudah terpasang, biasanya akan tampil ikon tanda tanya berwarna kuning.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab kenapa WiFi tidak bisa tersambung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu dapat mengidentifikasi penyebab gangguan koneksi WiFi yang kamu alami.

Tag : #internet    #wifi    #teknologi    #tips    #koneksi wifi    #koneksi internet    #gangguan jaringan   

Baca Juga