Ilustrasi, foto: Okezone

Wow, Video Call di WhatsApp Bakal Bisa Pakai Avatar

Wanovy | Teknologi | 02-07-2022

PARBOABOA - Aplikasi pesan multimedia WhatsApp bakal segera meluncurkan fitur baru. Fitur tersebut yakni memungkinkan pengguna untuk memakai avatar saat melakukan sambungan video call untuk menjaga privasi mereka.

Seperti diwartakan Newsbytesapp, Kamis (30/6/2022) fitur tersebut sedang dikembangkan WhatsApp sejak Maret lalu. Yang belum jelas adalah terkait kemunculan avatar tersebut dalam 2D atau 3D nantinya.

Sayangnya, masih belum diketahui jenis avatar yang akan digunakan di WhatsApp. Berdasarkan gambar dibagikan WABetaInfo, karakter ini akan tampil dalam bentuk animasi.

Gambar yang dibagikan WABetaInfo juga menunjukkan, sebuah tangkapan layar panggilan video di mana kamera depan smartphone dinonaktifkan.

Tampak pula tombol bertuliskan "Switch to avatar" yang kemungkinan pengguna dapat mengganti kepala mereka menjadi karakter, seperti emoji buatan Samsung, Apple, atau Snapchat.

Tapi bukan tidak mungkin akhirnya kita akan memiliki Emoji 2D ala Bitmoji; atau mirip di Facebook Messenger.

Fitur itu belum siap untuk dirilis ke penguji beta karena dalam pengembangan. Namun Wabetainfo menunjukkan pratinjau fitur tersebut.

Berdasarkan pratinjau Wabetainfo itu, cara menggunakan fitur video call avatar sebagai berikut:

1. Klik fitur video call Akan ada opsi baru di dalam layar yang memungkinkan pengguna beralih ke avatar

2. Klik ‘beralih ke avatar’

3. Namun, Wabetainfo tak dapat mencoba avatar tersebut, karena masih dikembangkan oleh WhatsApp.

4. Oleh karena itu, Wabetainfo memperkirakan fitur ini belum akan tersedia dalam waktu dekat.

WhatsApp juga bakal mengizinkan pengguna mengirim avatar sebagai stiker langsung di dalam obrolan dan grup. Selain itu, dapat membuat avatar versi sendiri melalui fitur ‘Avatar Editor’.

“Ketika dikonfigurasi, kita akhirnya dapat mengirim stiker avatar,” kata Wabetainfo. Zoom lebih dulu menyediakan fitur avatar.

Fitur ini sudah bisa digunakan oleh pengguna desktop. Sedangkan di ponsel, baru tersedia untuk beberapa pengguna.

Belum diketahui kapan fitur avatar mendarat di aplikasi WhatsApp versi stabil. Sebab, fitur ini masih dikembangkan oleh perusahaan, bahkan belum tersedia untuk pengguna WhatsApp versi beta.

Biasanya, bila pengembangan fitur telah rampung, maka tahap berikutnya adalah menguji cobanya untuk pengguna WhatsApp beta Android maupun iOS, sebelum dirilis dalam versi stabil.

Seperti disebut di awal, fitur avatar sudah hadir lebih dulu di layanna Meta lainnya, yakni Facebook, Messenger, dan Instagram.

Di Facebook dan Instagram, avatarnya berbentuk 3D yang kemudian dijadikan stiker untuk berkirim pesan DM, mengunggahnya di Instagram Stories atau dijadikan profil Facebook. Fitur avatar di Facebook sudah tersedia sejak tahun 2020.

Namun untuk Instagram masih terbilang baru, yaitu sejak Maret lalu. Fitur avatar 3D di Instagram juga sudah bisa dicoba di Indonesia dengan aksesori yang terbilang lengkap, mulai dari warna alis, warna bola mata, dan beragam jenis kacamata hingga rambut.

Tag : #whatsapp    #avatar    #apps    #teknologi    #fitur baru    #video call   

Baca Juga