Ilustrasi

WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Sembuyikan Status Online Bulan Ini

Wanovy | Teknologi | 09-08-2022

PARBOABOA - WhatsApp bakal kedatangan fitur sembunyikan status online dan terakhir dilihat, bagaimana caranya?

Fitur ini sebenarnya belum rilis secara resmi, namun pengguna WhatsApp versi Beta dapat mencobanya lebih dulu.

WhatsApp bakal kedatangan salah satu fitur yang cukup menarik. Mungkin ini bakal menjadi fitur WhatsApp yang bakal diantisipasi oleh para penggunanya.

Adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status online dan terakhir dilihat atau last seen.

Seperti yang kita ketahui, status online dan terakhir dilihat menunjukkan kapan terakhir kali kontak Anda menggunakan WhatsApp atau melihat apakah mereka sedang online.

Perusahaan telah mengembangkan sejumlah fitur yang fokus pada privasi, seperti menonaktifkan dua centang biru, menyembunyikan foto profil untuk kontak tertentu, hingga menoaktifkan last seen.

Kemampuan menjaga privasi pengguna aplikasi pesan instan milik Meta bakal ditambah dengan membawa fitur yang sudah lama diminta banyak penggunanya, yakni menyembunyikan status online yang muncul di bawah nama atau nomor pengguna.

Situs web komunitas pengguna WhatsApp yang mencatat perubahan dan fitur baru aplikasi, WABetaInfo, mengungkap fitur baru tersebut tengah diuji coba untuk sebagian kecil pengguna.

“WhatsApp akhirnya mendengarkan pendapat engguna dengan mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna memilih siapa yang dapat melihat saat mereka online di WhatsApp, tersedia di pembaruan mendatang,” tulis WABetaInfo.

Akan tetapi, sebagian pengguna WhatsApp lebih menyukai bila status "online" tersebut tidak terlihat oleh pengguna lain.

Sehingga, pengguna lain tidak perlu mengetahui apakah dirinya sedang membuka WhatsApp atau tidak.

Menurut WABetaInfo, fitur menyembunyikan status online WhatsApp akan digelontorkan untuk pengguna Android, iOS, dan desktop di masa mendatang.

WABetaInfo mengunggah tangkapan layar (screenshot) fitur untuk menyembunyikan status online di Whatsapp versi iOS.

Tampak dari gambar tersebut, opsi untuk menyembunyikan status online WhatsApp ada di menu "Privasi" yang bisa diakses lewat setelan (setting) > akun (account) > privasi (privacy) > terakhir dilihat (last seen) & online".

Lalu, di laman pengaturan "last seen & online", pengguna akan menemui sub menu, yaitu “who can see my last seen” (siapa yang dapat melihat ‘terakhir dilihat’ saya) dan "who can see when I’m online" (siapa yang dapat melihat saat saya aktif (di Whatsapp)).

Pada fitur ini, pengguna dapat menyembunyikan kapan terakhir kali dia “online”. Ada empat pilihan yang tersedia, yakni “Everyone” berarti semua pengguna dapat melihat waktu terakhir Anda aktif, “My Contacts” yaitu hanya nomor kontak yang pengguna simpan, dan “My Contacts Except …” mengecualikan beberapa nomor kontak lebih spesifik.

Sementara opsi terakhir adalah “Nobody” yang berarti tidak ada seorang pengguna pun yang dapat melihat kapan terakhir pengguna lain membuka WhatsApp.

Nah, untuk kolom kedua, pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat status online ketika dia sedang aktif.

Pilihan yang tersedia ada dua. Pertama, yaitu “Everyone” yang memungkinkan semua pengguna dalam kontak ataupun penggunua yang baru berinteraksi (nomor yang belum disimpan), bisa melihat status online pengguna.

Sedangkan opsi kedua, yakni “same as last seen” berarti menyamakan pengaturan dengan fitur “Last Seen” sebelumnya.

Sayangnya, fitur WhatsApp yang satu ini belum rilis untuk pengguna yang lebih banyak. Masih dalam tahap pengembangan, fitur sembunyikan status online WA ini baru tersedia untuk versi Beta di Android.

Fitur ini sebelumnya juga diluncurkan versi Beta-nya, tetapi untuk iOS atau iPhone. Nah, kali ini giliran pengguna Android yang dapat menjajal fitur baru WhatsApp sembunyikan status online lewat versi Beta.

Jika Anda berminat untuk menjajal fitur tersebut, silahkan mengikuti Program Beta yang tersedia di Android lewat Google Play.

Tag : #whatsapp    #status online    #apps    #teknologi    #fitur whatsapp    #wa beta   

Baca Juga