Ilustrasi, foto: NextPit.com

WhatsApp Uji Coba Fitur Multiphone, Bisa Buka Satu Akun di Dua HP

Wanovy | Teknologi | 04-05-2022

PARBOABOA - WhatsApp dilaporkan tengah melakukan uji coba fitur Multiphone yang memungkinkan pengguna untuk memakai satu akun di dua perangkat mobile seperti ponsel atau tablet sekaligus.

Berdasarkan laporan dari WABetainfo, sebuah tangkapan layar menunjukkan pengguna mendapat instruksi untuk mendaftarkan perangkatnya untuk digunakan sebagai perangkat "pendamping" dengan memindai kode di ponsel utama.

Tangkapan layar tersebut muncul pada WhatsApp Beta versi 2.22.10.13 bagi sejumlah pengguna yang terdaftar sebagai beta tester.

Dalam versi WhatsApp Beta sebelumnya, fitur bernama Multi-device 2.0 tengah diuji coba. Fitur ini memungkinkan pesan di dua perangkat tersinkronisasi satu sama lain, meskipun WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end.

Kedua temuan tersebut, sinkronisasi pesan dan tangkapan layar "Daftar Perangkat sebagai Pendamping" mengisyaratkan tentang cara menggunakan WhatsApp di perangkat lain yang semakin memperkuat kehadiran fitur ini.

Dilansir dari The Verge, keduanya ditemukan dalam WhatsApp Beta untuk perangkat Android, yang menandakan fitur ini akan hadir untuk ponsel dan tablet.

Hingga saat ini belum ada informasi yang menunjukkan kapan fitur ini akan dihadirkan secara luas untuk pengguna.

Selain itu, belum ada informasi juga yang menunjukkan fitur ini akan turut hadir di perangkat iOS.

Fitur baru yang masuk ke dalam versi beta umumnya dirilis ke publik beberapa pekan setelah pengujian. Namun terkadang beberapa fitur batal diluncurkan karena beberapa alasan.

Lebih lanjut, WhatsApp  saat ini telah mendukung penggunaan untuk beberapa perangkat sekaligus atau Multi-Device.

Sebelum fitur ini dirilis, pengguna perlu selalu terhubung dengan ponsel jika ingin menggunakan WhatsApp di perangkat lain seperti WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web.

Fitur yang pertama kali diluncurkan pada November 2021 ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai perangkat yang sudah terhubung ke akun tanpa mengharuskan ponsel tetap aktif.

Tag : #whatsapp    #multiphone    #fitur wa    #android    #ios   

Baca Juga