Shazam

7 Aplikasi Pendeteksi Judul Lagu di Android dan iOS

Wanovy | Teknologi | 10-08-2022

PARBOABOA - Apakah kamu pernah ketika sedang jalan-jalan di sebuah mal atau nongkrong di kafe pas-pasan mendengarkan sebuah lagu yang enak didengar, namun kebingungan karena tak tahu judulnya apa?

Memang cukup menyebalkan ya saat kita ingat betul nada sebuah lagu tetapi tidak pernah tahu siapa penyanyi atau judul lagunya.

Jangan putus asa, di era digital yang makin canggih ini, terdapat beragam aplikasi yang dapat membantu kamu menemukan lagu.

Namun, sekarang tak perlu repot-repot bertanya judul lagu ke orang lain. Pasalnya, ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu menemukan judul lagu hanya dengan membuka aplikasi pada ponsel pintar.

Kamu dapat mencari lagu dengan mudah melalui aplikasi Android dan iOS. Cara ini cukup cepat dan akurat, lo! Kamu bisa mendapatkan informasi nama penyanyi, judul hingga lirik lagunya.

Cara mengaksesnya pun cukup mudah, sehingga pengguna tak perlu susah payah mendengarkan dan menulis lirik lagu untuk mengetahuinya.

Tertarik mencoba? Di bawah ini Parboaboa.com sudah rangkum 7 aplikasi pendeteksi lagu yang bisa kamu gunakan!

1. Shazam

Saat mendengarkan sebuah lagu yang bagus dan ingin mendeteksi judulnya apa, kita bisa menggunakan aplikasi pencari judul lagu terbaik bernama Shazam.

Aplikasi ini sudah sangat terkenal dan paling banyak digunakan saat ini. Shazam bisa mencari lagu lewat suara yang kita perdengarkan ke HP.

Untuk menggunakan Shazam HP kita harus online karena aplikasi ini membutuhkan koneksi internet.

Untuk menggunakan Shazam sangat mudah sekali, saat kita mendengar sebuah lagu yang bagus dan ingin mengetahui judulnya, kita tinggal buka aplikasinya, dekatkan HP ke sumber suara lalu tekan tombol Shazam.

Nanti aplikasi akan mendeteksi secara otomatis apa judul lagu yang sedang dimainkan tersebut.

Mencari judul lagu dengan suara secara online menggunakan Shazam ini tidak hanya bekerja pada musik saja, kita juga bisa mendeteksi judul lagu dari video maupun suara rekaman yang lain.

2. MusiXMatch

Aplikasi yang bisa mencari judul lagu dari potongan lirik adalah MusiXMatch. Aplikasi musik yang satu ini juga tak kalah populer karena fiturnya yang cukup lengkap dan mudah sekali digunakan.

Dengan MusiXMatch kita bisa memutar lagu yang kita sukai lalu menanpilkan liriknya di layar. Jadi sambil mendengarkan lagu kita juga bisa ikut bernyanyi.

Aplikasi pendeteksi lagu ini punya tampilan yang sangat cantik, dan tampilan antar mukanya juga simple dan mudah digunakan. Selain bisa mencari judul lagu dari potongan lirik, aplikasi MusicMatch juga bisa mendeteksi judul lagu lewat suaranya. Setelah judul lagu ditemukan nanti akan ditampilkan informasi lengkap seperti nama penyanyi, album, dan art cover-nya.

3. SoundHound

Saat kita ingin mengetahui judul sebuah lagu namun hanya ingat beberapa potongan liriknya saja maka kita bisa memanfaatkan aplikasi SoundHound.

Aplikasi ini bisa mendeteksi judul lagu dari suara kita sendiri. Jadi ketika kita menyanyikan sebuah lagu maka aplikasi akan berusaha mencari informasi mengenai judul lagu tersebut.

SoundHound sangat berguna ketika kita mendengar lagu bagus dari sumber yang tidak terjangkau, tapi kita ingat liriknya.

Nah untuk mencari tahu apa judulnya kita tinggal menyanyikan ulang lagu tersebut dengan suara kita sendiri.

Fungsi dari SoundHound ini tidak terbatas hanya mencari judul lagu dengan suara kita sendiri atau dari potongan lirik saja.

Tapi juga bisa mendeteksi judul lagu dari video, dari TV, dari hp lain, bahkan dari konser live music.

4. Music Recognition

Dengan Music Recognition kamu bisa menemukan judul lagu yang sedang kamu cari dengan mudah dan cepat.

Aplikasi deteksi lagu ini hanya membutuhkan beberapa detik untuk mengidentifikasi judul lagu yang sedang diputar atau dilakukan humming. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur mode flashlight.

Fitur ini membuat lampu flash pada ponsel akan berkedip dan mati menyesuaikan melodi musik.

5. Music Detector

Music Detector merupakan aplikasi ringan yang diciptakan oleh pengembang Music Recognition.

Kapasitas memori yang dibutuhkan untuk mengunduh Music Detector sekitar 7.2 MB, cocok untuk ponsel dengan kapasitas memori kecil.

Aplikasi ini mampu menampilkan judul lagu dengan cepat, bahkan tidak sampai satu menit.

6. Genius

Aplikasi deteksi lagu berikutnya adalah Genius. Aplikasi ini memiliki fitur utama yang serupa dengan Shazam, Soundhound, dan Musixmatch.

Genius juga bisa mendeteksi judul lagu berdasar suara yang tengah berputar. Saat judul lagu ditemukan, Genius bakal memberikan informasi liriknya juga.

Untuk mendapatkan aplikasi Genius, pengguna bisa mengunduhnya melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

7. MusicID

Rekomendasi aplikai pendeteksi judul lagu terakhir ada MusicID. Dikenal untuk mengidentifikasi judul lagu, MusicID dipercaya oleh lebih dari 500 ribu pengguna untuk mengetahui judul lagu yang ingin dicari tahu, lengkap beserta nama penyanyinya.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi fitur Explore dimana dapat memudahkan penggunanya untuk menggali informasi lebih lengkap mengenai penyanyi dan lagu tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi pendeteksi lagu di Android dan iOS yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #deteksi lagu    #shazam    #apps    #teknologi    #android    #ios   

Baca Juga