parboaboa

Hujan Gol! Timnas Jerman Ukir Sejarah di Laga Pembuka Euro 2024

Michael | Sepakbola | 15-06-2024

Timnas Jerman sukses mengawali langkah di Grup A Euro 2024 dengan gemilang setelah melumat Timnas Skotlandia dengan skor telak 5-1 pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (15/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini tidak hanya mengantar Die Mannschaft memuncaki klasemen sementara, tetapi juga mencatatkan sejarah di turnamen tersebut. (Foto: Instagram/@dfb_team)

PARBOABOA – Timnas Jerman sukses mengawali langkah di Grup A Euro 2024 dengan gemilang setelah melumat Timnas Skotlandia dengan skor telak 5-1 pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (15/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini tidak hanya mengantar Die Mannschaft memuncaki klasemen sementara, tetapi juga mencatatkan sejarah di turnamen tersebut.

Berlaga di Fussball Arena, Munich, pasukan Julian Nagelsmann tampil percaya diri sejak awal. Mereka menguasai 68 persen bola, sementara Skotlandia hanya mampu mencatatkan 32 persen penguasaan bola.

Dominasi Jerman terlihat jelas dengan 19 tembakan, 10 di antaranya mengarah tepat ke gawang. Sebaliknya, Skotlandia hanya mampu melepaskan satu tembakan yang melenceng sepanjang 90 menit.

Tim Panser bermain agresif dan berhasil mencetak lima gol melalui Florian Wirtz pada menit ke-10, Jamal Musiala pada menit ke-19, Kai Havertz pada menit ke-45+1, Niclas Füllkrug pada menit ke-68, serta Emre Can pada menit ke-90+3. Satu-satunya gol Skotlandia tercipta akibat gol bunuh diri bek Jerman, Antonio Rüdiger, pada menit ke-87.

Skotlandia juga harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-44 setelah Ryan Porteous diganjar kartu merah. Kondisi ini semakin mempermudah dominasi Jerman sepanjang pertandingan.

Puncaki Klasemen Grup A

Dengan kemenangan ini, Timnas Jerman memuncaki klasemen Grup A Euro 2024 dengan tiga poin. Sementara itu, Skotlandia terpuruk di dasar klasemen tanpa poin.

Pada laga berikutnya, Jerman akan menghadapi Hungaria di MHPArena, Stuttgart, pada 19 Juni mendatang, sedangkan Skotlandia akan bertemu Swiss di RheinEnergieStadion, Cologne, pada 20 Juni 2024.

Kemenangan Terbesar dalam Laga Pembuka

Menurut catatan Squawka, skor 5-1 merupakan kemenangan terbesar Timnas Jerman dalam laga pembuka Euro sepanjang sejarah. Ini juga menjadikan mereka tim pertama yang meraih kemenangan terbesar di laga pembuka turnamen tersebut.

Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, menyatakan kepuasannya atas hasil ini.

"Saya senang, saya puas, tidak mudah untuk menjalani pertandingan pertama di negara kami sendiri. Kami brilian pada 20 menit pertama, saya senang dengan penampilan kami," ujarnya kepada BBC Sport.

"Kami kebobolan, tetapi pada akhirnya tidak apa-apa, itu pertanda baik bahwa para pemain kami mengeluh karena kebobolan," tambahnya.

Dengan kemenangan ini, Jerman mengirimkan sinyal kuat kepada para pesaing bahwa mereka siap menjadi kontender utama dalam perebutan gelar juara Euro 2024.

Editor: Michael

Tag: #euro 2024    #timnas jerman    #sepakbola    #timnas skotlandia    #julian nagelsmann    #die mannschaft   

BACA JUGA

BERITA TERBARU