Jack Wilshere terakhir kali bermain untuk klub asal Denmark, Aarhus (Dok. Aarhus)

Jack Wilshere Resmi Gantung Sepatu di Usia 30 Tahun

Michael | Sepakbola | 09-07-2022

PARBOABOA – Jack Wilshere membuat keputusan mengejutkan di usia 30 tahun. Eks gelandang Arsenal dan Timnas Inggris itu memutuskan gantung sepatu dari pesepakbola profesional.

Keputusan itu diumumkan Wilshere lewat akun Twitter, Jumat (8/7) sore WIB. Wilshere terakhir kali bermain untuk klub Denmark Aarhus sepanjang musim 2021/2022.

Namun, kontraknya tidak dilanjutkan karena kondisi fisik Wilshere yang sering digangggu cedera.

“Perjalanan karier saya begitu luar biasa dengan banyak momen indah dan saya merasa beruntung bisa merasakan itu semua selama karier saya,” ujar Wilshere.

“Memang benar sulit diterima ketika karier saya menurun begitu saja karena banyak hal yang diluar kontrol saya. Padahal saya merasa masih bisa berkontribusi lebih,” sambungnya.

Karier Wilshere dimulai bersama Arsenal, klub tempatnya menimba ilmu. Dia membuat debut di tim senior pada 16 September 2008 saat berusia 16 tahun. Rekor debutan termuda untuk The Gunners.

Setelah itu, Wilshere menjadi andalan Arsene Wenger di lini tengah Arsenal. Tapi, di balik kariernya yang panjang itu, Wilshere sering kesulitan tampil bagus secara konsisten karena badai cedera.

Sejak tahun 2011, Wilshere berulang kali keluar masuk ruang perawatan karena berbagai macam cedera. Cedera paling parah diderita pada 2015/2016 saat mengalami patah tulang halus di betisnya, yang membuat absen sepanjang musim.

Wilshere lantas dilepas Arsenal pada 2018 dan bergabung dengan West Ham United. Dia sempat dipinjamkan semusim ke Bournemouth. Tercatat, ada 197 penampilan bersama Arsenal dengan koleksi 14 gol dan 30 assist yang dibuatnya.

Wilshere juga dihantam badai cedera saat main di West Ham dan hanya tampil 19 kali selama tiga tahun. Pada tahun 2020, Wilshere kembali ke Bournemouth dan bermain 17 kali dengan torehan dua gol.

Di klub Aarhus, Wilshere main 14 kali tanpa membuat gol. Dia juga menjadi bagian dari skuad Timnas Inggris di Piala Dunia 2014, dan Euro 2016 dengan 34 caps serta menyumbangkan dua gol.

“Ini adalah saat yang tepat untuk menutup karier sebagai pemain, tapi saya masih bisa berkontribusi besar untuk sepak bola dan saya tak sabar menunggu apa yang akan terjadi di masa depan,” tutup Jack Wilshere yang akan diproyeksikan menjadi pelatih Arsenal U-18.
 

Tag : #jack wilshere    #arsenal    #sepakbola    #west ham united    #bournemouth    #aarhus    #liga inggris    #timnas inggris   

Baca Juga