parboaboa

Momen Kontroversi dan Tidak Terlupakan di Piala Dunia 2022

Michael | Sepakbola | 03-01-2023

Momen kontroversi dan tidak terlupakan di Piala Dunia 2022. (Foto: Parboaboa/Felix)

PARBOABOA – Piala Dunia 2022 Qatar telah berlangsung mulai 20 November sampai 18 Desember 2022. Banyak kejutan, drama, hingga kontroversi yang terjadi sepanjang fase grup hingga babak play-off turnamen sepak bola paling bergengsi tersebut.

Setidaknya ada tujuh momen kontroversi dan tidak terlupakan selama Piala Dunia 2022. Pertama adalah ketika Argentina secara mengejutkan kalah 1-2 dari Arab Saudi dalam laga pembuka Grup C.

Lionel Messi sempat membawa Argentina unggul pada babak pertama. Namun, Arab Saudi tampil heroik dengan mencetak dua gol setelah jeda babak pertama.

Momen kekalahan Argentina pun viral di berbagai belahan dunia. Pemerintah Arab Saudi bahan langsung “menyegel” momen indah kesebelasan negaranya.

Caranya adalah dengan menetapkan hari libur nasional pada 23 November. Tanggal itu bakal diperingati setiap tahunnya sebagai pencapaian Arab Saudi yang mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

Selain itu, ada enam momen kontroversial dan tidak terlupakan selama Piala Dunia 2022. Berikut ulasan selengkapnya.

Jerman Dukung Kampanye LGBT

Pemerintah Qatar menerapan sejumlah aturan yang tidak boleh dilanggar para peserta Piala Dunia 2022. Salah satunya dengan melarang kampanye LGBT di berbagai sektor.

Kampanye LGBT yang bertajuk One Love pun melakukan aksi protes. Sejumlah negara yang menjadi perwakilan kampanye One Love juga tidak senang dengan sikap pemerintah Qatar.

Salah satunya Jerman. Skuad Der Panzer pun berpose tutup mulut sebelum pertandingan, yang diartikan sebagai aksi protes terhadap pemerintah Qatar.

Sikap kontroversi Jerman pun menuai banyak perdebatan. Ada beberapa yang mendukung, tetapi banyak juga yang mencela aksi skuad Hansi Flick tersebut.

Jerman Dikalahkan Jepang

Banyak pihak yang menganggap Jerman bakal meraih kemenangan saat berjumpa Jepang pada matchday Grup E Piala Dunia 2022. Der Panzer pun tampil meyakinkan pada babak pertama, lewat gol yang dicetak Ilkay Gundogan.

Akan tetapi, momen tidak terlupakan datang di babak kedua. Jepang yang bermain penuh determinasi berhasil membalikkan kedudukan.

Gol-gol Jepang dari Ritsu Doan, dan Takuma Asano sukses menutup laga dengan kemenangan. Alhasil Jerman mangakhiri laga dengan torehan nol poin.

Aksi Memukau Lionel Messi

Argentina dalam tekanan jelang berjumpa Meksiko dalam matchday kedua Grup C. Tim Tango wajib menang demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Sepanjang babak pertama pertandingan berjalan a lot. Argentina pun kesulitan membongkar pertahanan rapat Meksiko.

Akan tetapi, Lionel Messi berhasil memberikan perubahan pada babak kedua. Kejelian La Pulga ditambah teknik luar biasa berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-64.

Gol yang dicetak Lionel Messi pun membuat seluruh isi stadion bersorak. Mental skuad Meksiko pun hancur akibat gol eks penyerang Barcelona tersebut.

Argentina kemudian tampil lebih percaya diri  sepanjang sisa babak kedua. Mereka akhirnya memastikan kemenangan lewat gol Enzo Fernandez (87’).

Selepas pertandingan, nama Lionel Messi viral dan trending di berbagai belahan dunia. Dia dielu-elukan karena sekali lagi berhasil menyelamatkan Argentina yang dalam kondisi terjepit.

Gol  Cristiano Ronaldo ke Gawang Uruguay

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, menyedot perhatian karena “mengklaim” gol yang ditorehkan Bruno Fernandes. Momen itu terjadi ketika Portugal menang 2-0 atas Uruguay dalam matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022.

Bruno Fernandes menjadi pahlawan Selecao karena mencetak seluruh gol. Namun, ada momen unik terjadi ketika Bruno mencetak gol pertamanya.

Dalam tayangan ulang, Bruno Fernandes memberikan umpan ke area kotak penalti. Cristiano Ronaldo kemudian melompat, dan terlihat menyentuh bola dengan rambutnya sebelum masuk ke gawang Uruguay.

FIFA pun awalnya menilai gol tersebut adalah hasil kreasi Cristiano Ronaldo. Namun, akhirnya dianulir menjadi milik Bruno Fernades setelah melihat tayangan ulang.

Momen Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes pun sempat viral di media sosial. Namun, Bruno menegaskan enggan membahas situasi itu lebih lanjut.

“Bukan masalah soal siapa yang mencetak gol. Malah saya berpikir itu gol Cristiano Ronaldo,” tegas Bruno Fernandes dilansir dari berbagai media.

Gol Antoine Griezmann

Momen kontroversi terjadi ketika Prancis kalah 0-1 dari Tunisia dalam matchday kedua Grup D Piala Dunia 2022. Namun, Antoine Griezmann sempat memecah kebuntuan lewat tendangan voli pada menit akhir tambahan waktu.

Sayangnya, gol Antoine Griezmann tidak disahkan wasit karena dianggap offside. Pengadil lapangan menilai gol sang pemain tidak berlaku karena bola pertama kali ditendang Aurelien Tchouameni ke area penalti.

Diketahui, bola menyentuh bek Tunisia sebelum jatuh tepat di kaki Antoine Griezmann. Posisinya pun onside.

Akan tetapi, wasit menganulir gol tersebut setelah melakukan pengecekan di monitor VAR. Situasi itu membuat Prancis kalah 0-1 dari Tunisia.

Induk Sepak Bola Prancis (FFF) kemudian berang dengan kinerja wasit. FFF pun melakukan aksi protes kepada FIFA.

“Kami menulis keluhan setelah gol Antoine Griezmann, menurut pendapat kami, dianulir secara keliru. Keluhan ini harus diajukan dalam waktu 24 jam setelah peluit akhir,” tulis pernyataan FFF, dikutip dari Reuters, Kamis (1/12/2022).

Animo Kapten Tsubasa

Jepang lagi-lagi tampil heroik di Piala Dunia 2022. Tim Matahari Terbit memperlihatkan semangat juang yang membara ketika berhadapan dengan Spanyol dalam matchday ketiga Grup E.

Sempat tertinggal lewat gol Alvaro Morata, Jepang akhirnya bangkit di babak kedua. Gelontoran dua gol dari Ritsu Doan dan Ao Tanaka membuat Jepang memastikan tiket ke 16 besar dengan status juara grup.

Hasil itu juga sekaligus menyingkirkan Jerman dari Piala Dunia 2022. Kemenangan Jepang membuat Jerman gagal ke fase selanjutnya karena hanya finis di posisi keiga klasemen akhir Grup E.

Kemenangan Jepang juga turut dirayakan berbagai pihak di dunia. Salah satunya oleh warganet Indonesia. Banyak dari netizen yang berkelakar sampai menyamakan skuad Jepang dengan anime Kapten Tsubasa. Berbagai meme kocak pun bertebaran di media sosial. Sungguh momen tidak terlupakan.

Editor: -

Tag: #Piala Dunia 2022    #FIFA Word Cup    #sepakbola    #Argentina    #Lionel Messi    #Jerman    #Jepang    #Spanyol    #Bruno Fernandes    #Cristiano Ronaldo   

BACA JUGA

BERITA TERBARU