parboaboa

Profil dan Biodata Maudy Ayunda, Lengkap Agama, Umur, Prestasi, Pasangan, dan Perjalanan Karier

Kathleen | Biografi | 14-12-2023

Profil dan biodata Maudy Ayunda (Foto: Instagram/@maudyayunda)

PARBOABOA – Maudy Ayunda adalah seorang aktris sekaligus penyanyi tanah air yang dikenal dengan segudang prestasinya.

Namanya mulai dikenal usai membintangi film berjudul “Untuk Rena” pada tahun 2005 lalu. Kala itu, ia didapuk sebagai pemeran utama dan beradu akting dengan Surya Saputra dan Karlina Inawati.

Kepopulerannya semakin bertambah saat membintangi film “Sang Pemimpi” pada tahun 2009. Dalam film itu, ia berperan sebagai seorang gadis Melayu bernama Zakiah Nurmala.

Di balik kemampuan aktingnya yang epik, perempuan asal Jakarta ini juga ternyata memiliki bakat di dunia tarik suara. Ia bahkan sukses merilis album perdananya yang bertajuk “Panggil Aku. . .” pada tahun 2011.

Selain sukses di dunia entertainment, Maudy juga dikenal sebagai sosok inspiratif yang sukses meraih segudang prestasi. Salah satu yang cukup mencuri atensi adalah pencapaiannya di bidang literasi dan kepedulian sosial.

Agar lebih mengenal sosoknya, simak ulasan tentang profil dan biodata Maudy Ayunda secara lengkap berikut ini!

Profil Maudy Ayunda

Ayunda Faza Maudya (Foto: Instagram/@maudyayunda)

Pemilik nama lengkap Ayunda Faza Maudya ini lahir di Jakarta pada 19 Desember 1994. Dengan demikian, umurnya saat ini telah menginjak 30 tahun.

Ia merupakan putri dari pasangan Didit Jasmedi R. Irawan (ayah) dan Muren Murdjoko (ibu), serta memiliki adik perempuan bernama Amanda Khairunnisa. Ia lahir dan dibesarkan di tengah-tengah keluarga yang menganut agama Islam.

Sejak kecil, orang tua Maudy Ayunda sangat menekankan nilai pendidikan, meskipun ia sibuk sebagai seorang artis sejak masa kecil.

Selama bersekolah di Mentari Intercultural School (SD), Maudy menghadapi tantangan dalam berkomunikasi karena harus menggunakan bahasa Inggris, sedangkan sehari-hari ia lebih fasih berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan Jawa.

Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di sekolah menengah, Maudy melanjutkan perjalanan pendidikannya ke Universitas Oxford, Inggris, dengan mengambil jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics).

Maudy memulai kuliahnya pada bulan September 2013 dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2016. Meskipun telah meraih gelar sarjana, Maudy masih merasa haus akan pengetahuan.

Pada tahun 2019, ia memutuskan untuk melanjutkan studi S2 dan berhasil diterima di dua universitas terkemuka dunia, yaitu Universitas Harvard dan Universitas Stanford.

Saat itu, Maudy mengalami kebimbangan hingga akhirnya, ia memutuskan untuk bergabung dengan Universitas Stanford dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2021.

Dalam perjalanannya, Maudy berhasil meraih gelar ganda untuk jurusan bisnis (M.B.A.) dan pendidikan (M.A.).

Berbicara tentang kehidupan asmara, suami Maudy Ayunda adalah seorang pria keturunan Korea bernama Jesse Choi. Maudy Ayunda menikah dengan sang pujaan hati 22 Mei 2022.

Maudy Ayunda dan Jesse Choi berkenalan di Universitas Stanford saat Maudy memulai kuliahnya sekitar tahun 2019, dan hubungan asmara mereka dimulai sekitar tahun 2020.

Sebelumnya, ia pernah menjalin hubungan asmara dengan seorang pengusaha muda bernama Arsyah Rasyid sejak tahun 2015.

Akan tetapi hubungan mereka menghadapi cobaan jarak jauh ketika Maudy melanjutkan pendidikannya di Oxford University, London, Inggris.

Namun sayangnya, hubungan tersebut berakhir pada tahun 2020. Mantan Maudy Ayunda itu kini sedang menjalin hubungan dengan Pevita Pearce.

Biodata Maudy Ayunda

Ayunda Faza Maudya (Foto: Instagram/@maudyayunda)

Nama lengkap: Ayunda Faza Maudya

Nama panggung: Maudy Ayunda

Tempat lahir: Jakarta

Tanggal lahir: 19 Desember 1994

Umur: 30 Tahun

Zodiak: Capricorn

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Orang Tua: Didit Jasmedi R. Irawan (Ayah) dan Muren Murdjoko (Ibu)

Saudara: Amanda Khairunnisa

Tinggi Badan: 165 cm

Pendidikan: Sekolah Interkultural Mentari (SD-SMP), British School Jakarta (SMA), Universitas Oxford (S1), Universitas Stanford (S2)

Pasangan: Jesse Choi (Menikah pada 22 Mei 2022)

Profesi: Penyanyi, Artis, Model

Hobi: Membaca Buku

Facebook: –

Twitter: @maudyayunda

Instagram: @maudyayunda

TikTok: @maudyayunda

YouTube: Maudy Ayunda

Perjalanan Karier

Ayunda Faza Maudya (Foto: Instagram/@maudyayunda)

Ayunda Faza Maudya memulai karir seni peran pada tahun 2005 ketika usianya baru 11 tahun. Debutnya terjadi melalui film "Untuk Rena" pada tahun 2005.

Dalam film tersebut, ia didapuk sebagai pemeran utama dan berkat aktingnya ia meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terpilih di Festival Film Jakarta 2006.

Sejak saat itu, ia mendapatkan berbagai tawaran untuk berakting dalam sejumlah film lainnya. Beberapa di antaranya seperti "Sang Pemimpi" (2009), "Tendangan dari Langit" (2011), "Perahu Kertas" (2012), "Battle of Surabaya" (2015), "Habibie & Ainun 3" (2019), dan masih banyak lagi.

Selain berakting, Maudy juga dikenal dengan suaranya yang merdu. Pada tahun 2011, Maudy merilis album debutnya berjudul "Panggil Aku..." dengan singel utama "Tiba-Tiba Cinta Datang".

Beberapa tahun kemudian, ia merilis album bertajuk "Moment" pada 2015, diikuti oleh "Oxygen" pada 2018, serta dua album mini, "My Hidden Collection" pada 2013 dan "The Hidden Tapes: Vol. 1" pada 2021.

Ia juga sering dipercaya untuk menyumbangkan lagu soundtrack dalam film-film yang sedang dibintanginya.

Selain itu, Maudy juga dikenal sebagai penulis dengan beberapa buku seperti "A Forest of Fables" pada tahun 2005, "#Dear Tomorrow: Notes to My Future Self" pada 2018, "Kina's Story: Kina and Her Fluffy Bunny" dan "Kina's Story: Kina Makes a New Friend" pada 2019.

Maudy juga memiliki ketertarikan pada isu-isu sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Ini terbukti ketika ia ditunjuk sebagai pendamping Perdana Menteri Inggris, David Cameron, saat kunjungannya ke Jakarta pada tahun 2015.

Pada tahun 2017, ia menjadi juru bicara dalam kampanye melawan perbudakan modern di Istana Wakil Presiden.

Pada tahun 2022, istri Jesse Choi ini juga diangkat sebagai Jubir Presidensi G-20 oleh pemerintah Indonesia, walaupun hal ini mendapat kontroversi.

Prestasinya yang diraihnya juga mendapatkan pengakuan sebagai salah satu dari Forbes Asia 30 Under 30 pada tahun 2021 dan menerima 13 nominasi Anugerah Musik Indonesia.

Tak hanya itu, ia juga berhasil menyabet dua nominasi Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2022. Di umur Maudy Ayunda yang masish terbilang muda, ia telah sukses meraih segudang prestasi baik di dunia entertainment dan dunia pendidikan.

Film

Untuk Rena – sebagai Rena (2005)

Sang Pemimpi – sebagai Zakiah Nurmala (2009)

Rumah Tanpa Jendela – sebagai Andini (2011)

Tendangan dari Langit – sebagai Indah (2011)

Malaikat Tanpa Sayap – sebagai Mura (2012)

Perahu Kertas – sebagai Kugy (2012)

Perahu Kertas 2 – Kugy (2012)

Refrain – sebagai Niki (2013)

2014: Siapa di Atas Presiden? – sebagai Laras (2015)

Battle of Surabaya – sebagai Yumna (2015)

Trinity, the Nekad Traveler – sebagai Trinity (2017)

Trinity Traveler – sebagai Trinity (2019)

Habibie & Ainun 3 – sebagai Hasri Ainun Besari (2019)

Losmen Bu Broto – sebagai Jeng Sri (2021)

Tanah Air Kedua

Bibliografi

A Forest of Fables – 2015

#Dear Tomorrow: Notes to My Future Self – 2018

Kina’s Story: Kina and Her Fluffy Bunny – 2019

Kina’s Story: Kina Makes a New Friend – 2019

Album Studio

Panggil Aku. . . – 2011

Moments – 2015

Oxygen – 2018

Demikian profil dan biodata Maudy Ayunda, lengkap agama, umur, prestasi, pasangan, dan perjalanan karier. Pencapaian luar biasa di usia yang terbilang masih muda menjadikannya sebagai sosok inspiratif, khususnya bagi kawula muda.

Editor: Juni

Tag: #maudy ayunda    #aktris    #biografi    #penyanyi    #profil maudy ayunda    #biografi maudy ayunda   

BACA JUGA

BERITA TERBARU