Ilustrasi Bumi (Dok:Tribun)

Bumi Berputar Lebih Cepat dari Biasanya, Begini Prediksi Ilmuwan

Ester | Internasional | 06-08-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Pada tanggal 29 Juni 2022, para ilmuwan melaporkan bahwa Bumi berputar lebih cepat dari biasanya.

Dilansir dari Time and Date, Rabu (27/7/2022), Bumi mampu menyelesaikan satu putaran rotasinya dalam 1,59milidetik lebih cepat atau kurang dari 24 jam pada 29 Juni 2022. Fenomena ini diukur dengan menggunakan jam atom oleh para ilmuwan.

Menurut ilmuwan, fenomena Bumi berputar lebih cepat dari biasanya ini bukan hanya terjadi satu kali saja. Pada tahun 2020, tercatat ada 28 hari terpendek dalam sejarah. Dan dua minggu lalu, tepatnya pada 26 Juli, Bumi juga berputar lebih cepat 1,5 milidetik dari biasanya.

Leonid Zotov, seorang peneliti di Lomonosov Moscow State University, mengatakan bahwa sejak 2016 Bumi ternyata sudah mulai berakselerasi.

"Sejak 2016, Bumi mulai berakselerasi," kata Leonid Zotov.

"Tahun ini berputar lebih cepat dari tahun 2021 dan 2020," sambungnya.

Menurut situs The Guardian, sekitar 1,4 miliar tahun lalu, Bumi membutuhkan waktu rotasi kurang dari 19 jam. Namun, hari kian melambat sekitar 74.000 detik setiap tahunnya.

Tetapi, rotasi planet bisa berfluktasi dari hari ke hari.

Penyebab Bumi Berputar Lebih Cepat

Para ilmuwan mempercayai ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi putaran Bumi yang melambat atau menjadi lebih cepat.

Dikutip dari Forbes, Kamis (28/07/2022), sejumlah ilmuwan memprediksi rotasi Bumi berputar lebih cepat karena:

  • Mencairnya gletser berarti lebih sedikit beban di kutub.
  • Gerakan inti cair bagian dalam planet.
  • Aktivitas seismik The “Chandler wobble" atau pergerakan kutub geografis Bumi melintasi permukaannya.

Chandler Wobble adalah nama yang diberikan untuk pergerakan kutub geografis Bumi yang kecil dan tidak beraturan di seluruh permukaan dunia.

Meskipun demikian, para ilmuwan tetap berusaha untuk membuat prediksi mengenai panjang hari lebih dari setahun ke depan.

Tag : #bumi    #rotasi bumi    #internasional    #geografis    #planet    #fenomena   

Baca Juga