parboaboa

Final dan Penutupan PARBOABOA Smash Cup 2024

Jeff Gultom | Daerah | 30-04-2024

Pemberian hadiah dan piala kepada juara turnamen PARBOABOA Smash Cup 2024. (Foto: PARBOABOA/Patrick Damanik)

PARBOABOA, Pematangsiantar – Turnamen bulu tangkis ‘PARBOABOA Smash Cup 2024’ mencapai puncaknya hari ini, Selasa (30/04/2024) pukul 14.00 WIB.

Babak final diadakan di Citra Hall, Jalan Bah Biak Kiri No.87, Kota Pematangsiantar, yang meliputi kategori Tunggal Putri, Ganda Campuran, dan Tunggal Putra.

Pertandingan dibuka dengan duel Tunggal Putri antara Cherryl Lai dari SMA Methodist Pematangsiantar melawan Nadhira Arifa Harahap dari SMP Swasta Muhammadiyah Serbelawan.

Setelah pertarungan sengit selama 23 menit, Nadhira Arifa Harahap berhasil meraih kemenangan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan lucky draw yang berlangsung selama 15 menit, sebelum memulai pertandingan Ganda Campuran tepat pada pukul 14.55 WIB.

Pasangan Rizky Ramadhan dari SMK Satrya Budi Kabupaten Simalungun dan Divy Nayla Yasmin dari SMA Negeri 2 Pematangsiantar berhadapan dengan Zikri Khairun Nazif dan Sakha Aqilah Hanan Butar-butar dari SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar dan MAN Guppi Dolok Merangir.

Pertandingan yang ketat berlangsung hingga set ketiga, di mana pasangan Zikri dan Sakha meraih kemenangan dalam tiga set.

Puncak turnamen adalah pertandingan Tunggal Putra antara Ivanka Kurniawan dari SMA Negeri 2 Pematangsiantar melawan Glenn Joan Laut dari SMA Swasta Methodist Pematangsiantar.

Teriakan penonton tidak luput pada setiap poin yang diraih para peserta. Setelah lebih dari 36 menit pertandingan yang intens, Glenn Joan Laut berhasil menjuarai kategori Tunggal Putra.

Closing Ceremony PARBOABOA Smash Cup 2024

Usai menyelesaikan seluruh pertandingan, tiba saatnya penutupan ‘PARBOABOA Smash Cup 2024’ yang berlangsung pukul 17.00 WIB.

Acara dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ricky Chandra, diikuti oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk membangkitkan semangat nasionalisme para penonton dan peserta.

Berbagai tokoh penting pun hadir, yakni Ketua Panitia PARBOABOA Smash Cup 2024, Putra Purba; Perwakilan dari Redaksi PARBOABOA, Mahadi Sitanggang; Ketua Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Simalungun, Saeli Hanadi; dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pematangsiantar, Muhammad Hamam Sholeh.

Dalam sambutannya, Mahadi Sitanggang menyampaikan terima kasih kepada semua peserta dan penonton yang telag hadir dalam perhelatan final tersebut.

“Kami berharap, PARBOABOA dapat dijadikan tempat oleh bibit-bibit baru yang ingin mengasah kemampuannya untuk mengharumkan daerah dan tanah air Indonesia,” tuturnya, Selasa (30/04/2024).

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada juara di setiap kategori, piagam dan piala untuk kategori putri diserahkan oleh Mahadi Sitanggang, hadiah untuk ganda campuran oleh sponsor Smartfren, dan untuk tunggal putra oleh Muhammad Hamam Sholeh.

Kemudian dilanjutkan kata sambutan oleh perwakilan juara ganda campuran, Zikri Khairun. Setelah itu perwakilan Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Muhammad Haman Sholeh.

Setelah itu penyerahan hadiah dilakukan kepada setiap kategori, Perwakilan Redaksi PARBOABOA, Mahadi Sitanggang, menyerahkan piagam serta piala kepada juara kategori putri. Lalu untuk kategori ganda campuran diberikan oleh pihak sponsor Smartfren dan untuk kategori tunggal putra diberikan oleh kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Muhammad Hamam Sholeh.

Glenn Joan Laut, juara tunggal putra, mengungkapkan rasa senang dan terima kasihnya kepada PARBOABOA. Ia mengaku tidak mengalami kendala apapun selama perhelatan PARBOABOA Smash Cup 2024.

“Aku berharap kedepannya akan lebih banyak lagi turnamen terbuka seperti ini. Karena ini dapat membantu kami sebagai atlet dalam memperoleh pengalaman dan mempertajam kemampuan kami. Jadi, selamat ulang tahun yang ketiga PARBOABOA” tuturnya.

Usai acara penutupan PARBOABOA Smash Cup 2024, Muhammad Hamam Sholeh menyampaikan terima kasih kepada PARBOABOA.

Ia menekankan bahwa kegiatan seperti ini sangat berperan dalam mengembangkan potensi anak-anak di Pematangsiantar dan Simalungun dalam bulu tangkis, meskipun bulu tangkis bukanlah olahraga unggulan di daerah tersebut.

“Tugas kita adalah mengawasi, membina dan memfasilitasi pelaksanaan itu. Tidak bisa sembarang tempat pemerintah daerah itu menyelenggarakan event olahraga. Tanggungjawab itu ada di cabang olahraga, kalau bulu tangkis ada di PBSI,” ucapnya kepada PARBOABOA.

Juara PARBOABOA Smash Cup 2024

Pemberian hadiah dan piala kepada juara turnamen PARBOABOA Smash Cup 2024 kategori Tunggal Putri. (Foto: PARBOABOA/Patrick Damanik)

Para juara turnamen PARBOABOA Smash Cup 2024 kategori Tunggal Putra. (Foto: PARBOABOA/Patrick Damanik)

Para juara turnamen PARBOABOA Smash Cup 2024 kategori Ganda Campuran. (Foto: PARBOABOA/Patrick Damanik)

Editor: Yohana

Tag: #HUT Parboaboa    #Smash Cup 2024    #Daerah    #Pematangsiantar    #Simalungun    #Badminton    #Bulu Tangkis    #PBSI   

BACA JUGA

BERITA TERBARU