parboaboa

20 Rekomendasi Indian Street Food yang Paling Populer, Santapan Unik Warga Vrindavan

Lidya Sianipar | Kuliner | 17-08-2023

Pani Puri merupakan salah satu Indian Street Food yang terkenal (Foto: Instagram/@indian_street_food_reels)

PARBOABOA – India, sudah terkenal dengan kulinernya yang memiliki cita rasa yang gurih dan kaya akan bumbu. Street food yang ‘nangkring’ di pinggir jalan, juga kerap menarik perhatian para wisatawan.

Dari tampilannya yang unik hingga cara pembuatannya yang menarik dengan taburan banyak bumbu, tentu akan menantang para wisatawan mencoba berbagai Indian street food di negeri yang terkenal akan rempahnya ini.

Sudah tahu apa saja makanan yang terkenal karena kelezatannya dan rasa gurihnya? Kali ini Parboaboa akan memperkenalkan 20 Indian Street Food yang populer, terkenal paling lezat!

1. Aloo Tikii

Aloo Tiki (Foto: Pinterest/@Cubes N Juliennes)
 

Makanan khas India yang satu ini akan sangat mudah ditemukan dalam acara-acara di baik pernikahan, pesta rumah bahkan jalanan di pasar.

 Kentang tumbuk yang dicampur bumbu goreng ini memiliki tekstur yang renyah. Terkadang makanan ini disajikan dengan asam jawa dan daun mint. Beberapa penjual juga menghiasi makanan ini dengan bawang yang akan menambah cita rasanya.

2. Puchkas

Indian street food selanjutnya adalah Puskas. Makanan ini juga dikenal sebagai Golgappas dan Pani Puri. Jajanan khas India ini juga sangat disukai oleh wanita-wanita di India karena dianggap dapat menjadi moodbooster untuk perubahan suasana hati.

Isian kentang yang ditumbuk dan buncis rebus yang dicelupkan kedalam air ketumbar yang dicampur dengan pasta asam akan memanjakan lidah dengan rasa yang sangat nikmat. Kebanyakan orang menganggap, semakin pedas rasanya akan semakin nikmat.

3. Vada Pao 

Vada Pao (Foto: Pinterest/@Playful Cooking)
 

Vado Pao, burger pedas ala India! Indian street food ini menjadi jajanan paling otentik di negerinya. 

Dengan campuran banyak cabai, makanan ini dapat menghangatkan perut penikmatnya. Untuk menambahkan rasanya, biasanya burger India ini akan disajikan dengan chutney yang berbeda seperti ketumbar. Kamu akan mudah menemui buerger pedas ini di Mumbai.

4. Egg Burji Pav

Tampilan dari Egg Burji Pavini seperti telur orak-arik Indonesia.  Seperti namanya, jajanan yang berbahan dasar telur ini terkenal menjadi jajan yang paling enak di negerinya.

Dengan tambahan ekstra pedas pada telur, jajan khas India ini biasanya ramai akan pembeli.

5. Chicken Tikkas

Ayam Tandoori yang diolah lalu dipanggang inilah yang dikenal dengan Chicken Tikkas. Memiliki rasa yang sangat lezat dan juga eksotis ini tidak hanya akan dijumpai di jalanan India namun beberapa restoran yang menyajikan makanan ini dengan campuran bumbu-bumbu yang lebih disempurnakan.

6. Kathi Rolls

Vada Pao (Foto: Pinterest/@Foodies Terminal)
 

Semua orang akan sepakat kalau street food yang satu ini menjadi jajanan paling lezat di India.  Dibuat dengan isian sayuran dan kebab, Kathi Rolls akan memanjakan lidah pembelinya. 

Penutup luar yang memiliki tekstur renyah terbuat dari maida, sehingga lebih lembut saat dimakan. Kathi Rolls ini dapat dilihat di jalan-jalan Kolkata.

7. Masala Chai

Bagi pecinta the, Masala Chai ini akan menjadi salah satu yang favorit. Minuman khas India ini dibuat dengan campuran rempah-rempah aromatik yang akan membuat kamu merasa segar dan nyaman. Ingin mencobanya Selain itu, hidangan ini termasuk most popular fast food in India!

8. Vada Pav

Vada Pav, atau juga disebut Bombay Burger adalah jajanan pinggir jalan Mumbai yang terkenal di seluruh dunia. 

Dibuat dari kentang berbumbu yang digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan diapit di antara roti India, bersama dengan chutney pedas dan tajam. Secara keseluruhan rasanya sangat lezat.

9. Pani Puri

Pani Puri (Foto: Pinterest/@Stunning Nepal)
 

Pani Puri adalah salah satu makanan jalanan yang banyak disukai banyak kalangan. Memiliki rasa pedas, manis, dan tajam cocok disajikan sebagai hidangan pembuka untuk kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga.

10. Dahi Puri

Dahi Puri adalah Indian street food yang diolah dari kentang rebus, masala, dan chutney manis. Memiliki rasa tajam, pedas, dan yogurt manis. Indian street food ini cukup terkenal di Mumbai.

Ada beberapa variasi untuk mengolah makanan ini, seperti menambahkan buncis rebus, kacang hijau yang sudah dikukus,. Bawang cincang dan tomat.

11. Sandwich Bombay 

Sandwich Bombay (Foto: Pinterest/@Cookilicious)
 

Sandwich Bombay ini juga makanan yang cukup populer di Mumbai. Sandwich vegetarian ini dibuat dengan lapisan sayuran yang ditumpuk bersama dan campuran bumbu masalah yang membuat aroma dari makanan ini sangat menggugah selera.

Cara menyajikan makanan ini juga beragam, beberapa memilih untuk dipanggang atau tanpa dipanggang, keduanya rasanya enak.

12. Lakhanpur De Balley

Selain sebagai pintu masuk negara bagian, Lakhanpur juga terkenal dengan 'Bhalley'-nya yang lezat. Indian Street food ini adalah camilan goreng yang dibuat dari kacang-kacangan yang disajikan dengan chutney hijau dan lobak parut. 

Aroma tajam dan campuran rempah-rempah menjadikan hidangan ini salah satu jajanan pinggir jalan yang paling bisa dimakan di seluruh negeri. Begitu memasuki jalur Lakhanpur, kamu akan melihat beberapa pedagang yang menjual camilan ini

13. Momos

Momos (Foto: Instagram/@foodie_nepali)
 

Jika Anda berada di Delhi, kamu tidak akan menemukan satupun jalan yang tidak memiliki warung momo. Di Indonesia, jajanan ini mirip Pentol yang sering dijumpai pada tiap jalanan.

Terbuat dari campuran terigu, minyak dan garam, kisaran harganya juga relatif murah yakni 50 Rupees atau setara dengan Rp 10 ribu per porsinya. Yang buat unik, Momos bisa disajikan dengan cara dikukus maupun digoreng.

14. Akki Rotti dari Karnataka

Indian street food yang satu ini merupakan pokok masyarakat di Karnataka. Akki Rotti atau roti nasi adalah salah satu hidangan favorit saat makan dari warung pinggir jalan. Orang-orang mulai berbondong-bondong ke kios yang menyajikan Akki Rotti sebelum mereka memulai pekerjaan kantor atau kuliah. Gigitan cepat ini juga bisa dinikmati sebagai camilan malam yang disajikan dengan chutney kelapa dan teh panas. 

15. Mirchi Bajji 

Camilan khas India ini merupakan olahan cabai hijau besar yang bijinya dibuang yang dibaluri oleh tepung kemudian digoreng. Tepung berbumbu Indian street food ini adalah campuran dari tepung buncis, tepung beras, biji ajwan, bumbu hing, baking soda, garam, dan air secukupnya.

Memiliki tekstur krispi yang ditambah dengan rasa lezat dari cincangan ayam ataupun daging akan membuat kamu ketagihan!

16. Cholle Bhaturey 

Chole Bhature adalah kombinasi antara Chole (masakan kacang putih yang kaya rempah-rempah) dan Bhature (roti datar yang digoreng) yang membentuk hidangan yang lezat dan populer di India. 

Hidangan ini biasanya disajikan dengan beberapa pendamping seperti acar, irisan bawang merah, dan kadang-kadang saus yogurt atau chutney.

17. Tunde Kabab

Tunde Kabab ini adalah hidangan daging khas dari Lucknow, India. Hidangan ini terkenal karena kelembutan dagingnya dan campuran rempah-rempah yang kaya. Makanan ini umumnya dibuat dengan daging domba cincang halus yang dicampur dengan rempah-rempah, herbal, dan bumbu-bumbu yang berbeda-beda. 

18. Litti Chokha

Litti Chokha adalah hidangan tradisional yang berasal dari Bihar dan Jharkhand, dua negara bagian di India. Hidangan ini terdiri dari dua komponen utama: Litti dan Chokha.

Litti adalah jenis roti gandum yang dibuat dengan adonan yang terdiri dari tepung gandum, minyak, dan rempah-rempah. Chokha adalah hidangan sampingan yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus atau dipanggang dan kemudian dihaluskan.

Biasanya, Litti Chokha disajikan bersama-sama. Litti dipecahkan dan diisi dengan chokha sebagai pengisi yang membuat makanan ini kaya akan rasa. 

19. Sup Thukpa

Thukpa adalah hidangan sup yang berasal dari Tibet dan juga populer di wilayah Himalaya di Nepal, Bhutan, dan bagian-bagian India seperti Sikkim dan Arunachal Pradesh. Indian street food  ini terdiri dari kaldu yang lezat yang diisi dengan mie, daging atau sayuran, dan berbagai bumbu.

Hidangan ini cukup populer di wilayah-wilayah Himalaya karena memberikan rasa hangat, yang sangat pas untuk kondisi iklim dingin di daerah tersebut.

20. Paddu

Paddu (Foto: Pinterest/@Whisk Affair)
 

Paddu, juga dikenal dengan nama Kuzhi Paniyaram, adalah hidangan yang berasal dari masakan India Selatan, terutama populer di negara bagian Karnataka dan Tamil Nadu. Hidangan ini mirip dengan pancake atau bola-bola kecil yang dipanggang dalam cetakan khusus yang memiliki beberapa lubang kecil

Bahan-bahan utama yang umum digunakan dalam membuat paddu adalah tepung beras dan lentil (urad dal) yang dicampur bersama dengan rempah-rempah dan sayuran sesuai selera.

Dari semua hidangan di atas, mana yang paling membuatmu ingin menyantap makanan warga Vrindavan ini?

Editor: Sari

Tag: #makanan india    #indian street food    #kuliner    #most popular fast food in india    #makanan india populer    #makanan india terkenal   

BACA JUGA

BERITA TERBARU