parboaboa

Profil dan Biodata Ratu Rafa, Lengkap Agama, Umur, dan Perjalanan Karier

Kathleen | Biografi | 27-04-2023

Profil dan Biodata Ratu Rafa (Foto: Instagram/@ratuurafa)

PARBOABOA – Nyimas Ratu Rafa merupakan mantan anggota JKT48 yang dikenal dengan suara merdunya. Meski baru seumur jagung, ia memutuskan untuk keluar dari sister group AKB48 tersebut dan beralih profesi menjadi pemain sinetron tanah air.

Setelah mengikuti berbagai casting, ia menunjukkan kepiawaiannya di dunia seni peran. Di  umur Ratu Rafa yang masih terbilang muda, ia terus mengasah kemampuannya dan sukses membintangi berbagai judul FTV dan serial web.

Belakangan ini, sosoknya menjadi perbincangan hangat usai kemunculannya dalam sinetron berjudul Melukis Senja. Tak sedikit pula yang dibuat penasaran dengan kehidupan pribadi perempuan berusia 18 tahun ini.

Untuk itu, Parboaboa telah merangkum profil dan biodata Nyimas Ratu Rafa secara lengkap. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah!

Profil Ratu Rafa

Profil Ratu Rafa (Foto: Instagram/@ratuurafa)

Pemilik nama lengkap Nyimas Ratu Rafa Futuhni Kamil ini merupakan aktris tanah air yang lahir di Tangerang, Banten pada tanggal 1 Juli 2005. Oleh karena itu, saat ini ia berusia 18 tahun (2023). Sampai saat ini, nama kedua orangtua pemain melukis senja ini belum diketahui, namun agama Ratu rafa diyakini Islam.

Kemunculan Ratu di dunia entertainment dimulai saat dirinya menjadi member JKT48 pada tahun 2019 lalu. Pada awalnya, Ratu tergabung di grup Academy Class B dan kemudian mendapat promosi untuk bergabung ke Class A. Hingga akhirnya perempuan berusia 18 tahun ini secara resmi bergabung dengan tim T pada bulan Mei 2020.

Ratu merupakan aktris yang memiliki hobi memasak. Tak hanya itu, ia juga sangat suka mendengarkan musik, itu sebabnya sebelum menjadi pemain sinetron, ia terjun ke dunia hiburan menjadi seorang penyanyi.

Pesona Ratu semakin bersinar sejak dirinya keluar dari JKT48, kini wajahnya mulai sering menghiasi sejumlah judul sinema ataupun sinetron. Pada 2022 lalu, ia sempat beradu akting dengan Teuku Ryan, suami YouTuber terkenal, Ria Ricis di FTV.

Biodata Ratu Rafa

Biodata Ratu Rafa (Foto: Instagram/@ratuurafa)

Nama lengkap: Nyimas Ratu Rafa Futuhni Kamil

Nama panggung: Nyimas Ratu Rafa

Nama panggilan: Ratu

Tempat lahir: Tangerang, Banten

Tanggal Lahir: 1 Juli 2005

Umur: 18 Tahun (2023)

Kewarganegaraan: Indonesia

Pendidikan:–

Agama: Islam

Tinggi: 164cm

Golongan Darah: AB

Generasi JKT48: ke-8

Orang tua: –

Saudara: –

Pacar: –

Profesi: Penyanyi, Aktris

Hobi: Masak, Mendengarkan musik

Facebook: –

Twitter: –

Instagram: @ratuurafa

TikTok: –

YouTube: –

Perjalanan Karier

Perjalanan karier Ratu Rafa (Foto: Instagram/@ratuurafa)

Ketenaran grup JKT48 memang sudah tidak diragukan lagi, begitu pula dengan salah satu mantan membernya, Nyimas Ratu Rafa JKT48. Ia bergabung dengan JKT48 pada tahun 2019 dan awalnya ia menjadi anggota Academy Class B.

Namun, Ratu mendapatkan promosi untuk pindah ke Class A pada Agustus 2019 dan akhirnya secara resmi bergabung dengan tim T pada Mei 2020. Meskipun masih tergolong muda, pada November 2020 penggemar dikejutkan dengan kabar 'kelulusan' Ratu dari sister group AKB48 tersebut.

Pengumuman pengunduran dirinya disampaikan melalui website resmi JKT48 dengan alasan keluarga. Setelah keluar dari JKT48, Ratu memulai karir baru sebagai aktris setelah melewati berbagai tahap casting di dunia seni peran.

Pada tahun 2022, Ratu resmi melakukan debut akting pertamanya menjadi aktris lewat web series Janet & Jamila yang beradu akting bersama Pangeran Lantang dan Aisyah Aqilah.

Pada bulan Maret 2023, Ratu baru saja menyelesaikan perannya di sinetron Melukis Senja bersama dengan Callista Arum dan Antonio Blanco di salah satu TV swasta dan dikabarkan akan ikut berperan di film Ancika 1995 sebagai Indri, sahabat Ancika.

Film

Ayo Putus (2022)

Sinetron

Melukis Senja (2023)

FTV

My Tsadis Bos Jauh di Hati Dekat di Jodoh (2022)

Misteri Satpam KKN Kamu Keren Nget (2022)

Web series

Janet & Jamilah (2022)

Pernikahan Dini (TBA)

Nah, itulah beberapa ulasan seputar biodata Ratu Rafa, eks member JKT48 yang saat ini sudah putar haluan ke dunia seni peran. Meski masih pendatang baru, namun bakat aktingnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Editor: Juni Sinaga

Tag: #ratu rafa    #jkt48    #biografi    #aktris    #penyanyi   

BACA JUGA

BERITA TERBARU