parboaboa

Kerap Diabaikan, Berikut Sejumlah Manfaat Konsumsi Air Putih

Defri Ngo | Kesehatan | 29-05-2024

Seorang remaja sedang mengkonsumsi air putih (Foto: PARBOABOA/ Defri)

PARBOABOA, Jakarta - Mobilitas dunia modern yang serba cepat terkadang membuat kita mengabaikan banyak hal sederhana yang sebenarnya memiliki dampak besar bagi kesehatan tubuh.

Salah satu kebiasaan hidup sehat yang sering terlupakan adalah mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari. 

Menurut ahli gizi, Dr. Anita Kusuma, air putih adalah elemen yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa asupan air yang cukup, tubuh kita tidak akan berfungsi dengan baik.

Air putih memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi tubuh secara keseluruhan. 

Dari bangun tidur hingga tidur kembali, setiap aktivitas yang kita lakukan memerlukan dukungan cairan yang cukup untuk menjaga tubuh tetap berfungsi secara optimal. 

Meski terdengar sepele, manfaat dari konsumsi air putih tidak bisa dianggap remeh. Sikap abai untuk minum air putih justru akan berdampak fatal bagi kita.

Banyak dari kita mungkin terbiasa memulai hari dengan secangkir kopi atau teh, atau bahkan langsung terjun ke aktivitas tanpa memikirkan asupan air. 

Hiruk-pikuk keseharian dan kesibukan pada tugas dan tanggung jawab yang menumpuk kerap membuat kita lupa akan pentingnya hidrasi. 

Padahal, menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan langkah esensial yang dapat memengaruhi kualitas hidup dan produktivitas kita. 

Dengan gaya hidup yang semakin sibuk dan penuh tekanan pekerjaan, tubuh kita membutuhkan lebih banyak perawatan dan perhatian, termasuk dalam hal asupan air putih yang memadai.

Fenomena ini tidak hanya terjadi di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Batam, tetapi juga di berbagai tempat lain di seluruh dunia. 

Kesadaran akan pentingnya hidrasi masih perlu ditingkatkan, terutama di tengah masyarakat yang kerap terjebak dalam rutinitas yang padat. 

Kampanye dan edukasi mengenai pentingnya minum air putih secara rutin perlu digalakkan, mengingat manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Air Putih

Berdasarkan penjelasan pada bagian sebelumnya, secara tersirat diketahui bahwa asupan air putih sungguh memberi manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang.

Melansir laman halodoc, air putih bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, menghindari obesitas, menjaga kesehatan kulit, dan mengatasi gangguan kesehatan.

Secara lengkap, berikut diuraikan sejumlah alasan terkait kenapa kita harus rajin mengkonsumsi air putih.

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air yang penting untuk mendukung berbagai fungsi vital. 

Air membantu mengatur suhu tubuh, melancarkan pencernaan, mengangkut nutrisi, dan membuang zat-zat sisa. 

Menurut Dr. Anita, minum air putih yang cukup setiap hari sangat krusial untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. 

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, demikian ia menjelaskan, semua sistem tubuh bisa berfungsi secara optimal.

Meningkatkan Energi dan Konsentrasi

Dehidrasi bisa menyebabkan penurunan energi dan kemampuan konsentrasi. Banyak orang tidak menyadari bahwa rasa lelah sebenarnya bisa jadi disebabkan oleh kekurangan air. 

Dengan minum air yang cukup, otak akan mendapatkan pasokan cairan yang diperlukan untuk bekerja dengan baik, sehingga membantu kita tetap fokus dan berenergi sepanjang hari.

Proses Detoksifikasi Alami

Air putih memiliki peranan penting dalam proses detoksifikasi tubuh. Ginjal membutuhkan cukup cairan untuk menyaring racun dari darah dan membuangnya melalui urin. 

Minum air yang cukup setiap hari membantu ginjal dalam menjalankan fungsi detoksifikasinya, mencegah penumpukan racun, dan menjaga kesehatan organ.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit adalah organ terbesar tubuh kita yang juga membutuhkan hidrasi. Dehidrasi dapat membuat kulit kering, kusam, dan berkerut.

Dengan minum air putih yang cukup, kulit akan tetap lembap, elastis, dan bercahaya. Ini adalah cara alami untuk menjaga kecantikan kulit.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan, air putih bisa menjadi sahabat terbaik. Air tidak mengandung kalori dan bisa membantu mengontrol nafsu makan. 

Minum segelas air sebelum makan bisa membuat kita merasa lebih kenyang, sehingga mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. 

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Air putih membantu melancarkan proses pencernaan dengan melarutkan nutrisi dari makanan sehingga dapat diserap dengan baik oleh tubuh. 

Selain itu, air juga mencegah sembelit dengan menjaga tinja tetap lunak dan mudah dikeluarkan. Pencernaan yang lancar sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menjaga Fungsi Jantung

Konsumsi air putih yang cukup juga penting untuk kesehatan jantung. Dehidrasi bisa membuat darah lebih kental, yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Dr. Anita menegaskan, dengan minum air putih yang cukup, kita turut membantu menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar dan tekanan darah tetap stabil.

Dari menjaga keseimbangan cairan tubuh hingga meningkatkan kesehatan jantung, konsumsi air putih sangatlah penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan. 

Para ahli kesehatan selalu menganjurkan untuk membawa botol air putih kemanapun kita pergi dan menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari. 

Dengan langkah sederhana seperti minum air putih, maka kita turut terlibat dalam membuat investasi untuk kesehatan jangka panjang dan meningkatkan kualitas hidup kita. 

Editor: Defri Ngo

Tag: #Air Putih    #Manfaat Air Putih    #Kesehatan    #Fungsi Air Putih    #IDI    #Hidrasi   

BACA JUGA

BERITA TERBARU