parboaboa

Profil dan Biodata Poppy Capella, Lengkap Agama, Pasangan, Usia, dan Perjalanan Karier

Kathleen | Biografi | 10-08-2023

Profil dan Biodata Poppy Capella (Foto:Instgram/@poppycapella_)

PARBOABOA – Miss Universe Indonesia atau MUID memang selalu menarik perhatian banyak orang.

Kontes kecantikan tahunan di Indonesia ini telah menjadi wadah untuk meningkatkan pesona dan potensi wanita Indonesia, baik dari segi kecerdasan,kepribadian, hingga keterampilan.

Namun akhir-akhir ini, perbincangan hangat tengah mengelilingi gelaran kontes kecantikan Miss Universe Indonesia.

Sorotan ini muncul karena beberapa finalis Miss Universe Indonesia 2023 mengungkapkan pengalaman tidak nyaman, ketika diminta untuk menjalani proses pemeriksaan fisik (body checking).

Situasi ini dibongkar oleh tiga finalis yang mengalami rasa dilecehkan dalam kontes kecantikan ini, yakni Ratih, Jelita, dan Natasha.

Bahkan, Natasha telah melaporkan dugaan pelecehan yang melibatkan PT Capella Swastika Karya, perusahaan pemegang lisensi ajang kecantikan tersebut, ke Polda Metro Jaya.

Situasi ini juga mengarahkan perhatian kepada Poppy Capella, yang memiliki peran sentral dalam konteks ini. Hal ini dikarenakan Poppy merupakan National Director Miss Universe Indonesia. 

Sebagai pemegang lisensi Miss Universe Indonesia, profil dan peran Poppy turut menjadi sorotan dalam beberapa pemberitaan kontroversial yang melibatkan ajang kecantikan tersebut.

Lantas, seperti apa sebenarnya sosok dan peran wanita satu ini dalam MUID? Berikut Parboaboa telah merangkum profil dan biodata Poppy Capella, lengkap dengan agama, pasangan, dan perjalanan kariernya. Yuk simak agar tidak ketinggalan informasinya.

Profil Poppy Capella

Profil Poppy Capella (Foto: Instgram/@poppycapella_) 

Datin Wira Poppy Capella Swastika atau lebih luas dikenal sebagai Poppy Capella adalah penyanyi dangdut, pengusaha, sekaligus direktur nasional ajang kecantikan Miss Universe Indonesia dan Miss Universe Malaysia.

Ia lahir di Jawa Timur pada 22 Oktober 1991 dan memutuskan untuk pindah ke Singapura pada usia 6 tahun, bersama dengan keluarganya.

Dari berbagai informasi yang beredar, diketahui agama yang dianut Poppy adalah Kristen.

Sebelum menjabat sebagai National Director Miss Universe Indonesia, ternyata wanita 31 tahun ini memiliki latar belakang sebagai penyanyi, penulis lagu, dan aktris.

Di Singapura sendiri, Poppy Capella menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Putri Cedar, di mana dirinya menemukan minatnya dalam bidang akting dan bernyanyi dangdut.

Setelah menyelesaikan SMA, Poppy kemudian meneruskan pendidikannya di Yong Siew Toh Conservatory of Music di National University of Singapore, dengan mengambil jurusan Musik dan Masyarakat.

Pada tahun 2019, Poppy melangsungkan pernikahan dengan Datuk Wira Justin Lim Hwa-Tat dan telah dikaruniai oleh 2 orang anak. Suaminya itu merupakan seorang tokoh politik dan pengusaha terkemuka di Malaysia.

Biodata Poppy Capella

Biodata Poppy Capella (Foto: Instgram/@poppycapella_) 

Nama Lengkap: Datin Wira Poppy Capella Swastika

Nama Panggung: Poppy Capella

Nama Panggilan: Poppy

Tempat, Tanggal Lahir: Jawa Timur, Sidoarjo, 22 Oktober 1991

Umur: 31 Tahun

Zodiak: Libra

Kewarganegaraan: Indonesia

Pendidikan: SMA Kristen Petra 1, Bina Nusantara University (Jurusan Management), Yong Siew Toh Conservatory of Music

Agama: Kristen

Tinggi: 165cm

Orang Tua: Ryo Capello Tan Hok Sie (Ayah), Isabella Ongkowidjaja (Ibu)

Saudara: -

Suami: Datuk Wira Justin Lim Hwa-Tat

Profesi: Penyanyi Dangdut, Pengusaha, Direktur Miss Universe Indonesia dan Miss Universe Malaysia

Hobi: -

Facebook: –

Twitter: –

Instagram: @poppycapella_

TikTok: -

YouTube: -

Perjalanan Karier

Perjalanan Karier Poppy Capella (Foto: Instgram/@poppycapella_) 

Sebelum mengikat ikatan pernikahan dengan seorang pengusaha Malaysia, Poppy Capella memulai karirnya sebagai penyanyi dangdut pada tahun 2011 dengan lagu debut berjudul "Bukan Seperti Film".

Dalam perjalanan karirnya di dunia musik dangdut, wanita asal Jawa Timur ini telah merilis beberapa single, termasuk "Honey Bunny" pada tahun 2012 dan "Ta..Ti..Tut" pada tahun 2018.

Selanjutnya pada Februari 2023, Poppy mengumumkan bahwa perusahaannya, PT Capella Swastika, secara resmi telah mendapatkan lisensi Miss Universe Indonesia.

Tidak hanya itu, istri Datuk Wira Justin Lim Hwa-Tat ini juga menjabat sebagai National Director Miss Universe Indonesia.

Selain tanggung jawab tersebut, dirinya juga merangkap sebagai National Director Miss Universe Malaysia.

Usai melangsungkan pernikahannya, Poppy Capella memutuskan untuk mengambil jalan berbeda dari dunia seni dan memilih terlibat dalam berbagai sektor, termasuk perkapalan, komoditas, pembiayaan terstruktur, penggalangan dana, hingga penerbangan dan perdagangan, bekerja bersama suaminya.

Setelah menghilang dari perhatian publik, nama Poppy Capella tiba-tiba menjadi viral dan menjadi pusat perhatian setelah ia memegang mahkota Force for Good pada akhir tahun 2022.

Ia berhasil meraih prestasi menjadi orang Indonesia pertama yang berhak menyentuh mahkota karya Mouawad.

Mahkota yang dihiasi dengan berlian safir senilai 90 miliar tersebut merupakan mahkota yang akan dikenakan oleh pemenang ajang Miss Universe 2023.

Kemudian pada tahun 2023, organisasi Miss Universe Indonesia dibentuk di bawah kepemilikan yang sama dengan Miss Universe Malaysia.

Lisensi ajang kecantikan ini dikuasai oleh Poppy Capella, yang juga menjabat sebagai direktur nasional di bawah perusahaan Capella Swastika Karya dan Just Capella Sdn Management Bhd.

Di samping itu, profil dari direktur nasional MUID ini Tengah mendapat perhatian luas.

Akhir-akhir ini, terdapat kontroversi lain yang melibatkan perempuan asal Jawa Timur ini, yaitu rumor tentang dugaan suap sebesar 5 miliar yang diduga diberikan oleh Fabienne Nicole agar dapat meraih gelar Miss Universe Indonesia 2023.

Walaupun pihak Fabienne telah secara langsung membantah rumor tersebut, isu tersebut tetap menjadi topik hangat perbincangan.

Terlepas dari isu tersebut, beberapa tahun lalu juga, Poppy pernah mengklaim sebagai keponakan dari Inul Daratista.

Sayangnya, pernyataan ini dibantah oleh Inul baru-baru ini dan menyatakan bahwa semua keponakannya masih berusia kecil dan belum mencapai usia remaja.

Musik Video

  • Bukan Seperti Film (2011)
  • Honey Bunny (2012)
  • Ta..Ti..Tut (2018)
  • And I'm Going Down (2021)

Demikianlah profil dan biodata singkat tentang Poppy Copella, National Director Miss Universe Indonesia, yang sedang menjadi perbincangan hangat saat ini. Semoga ulasan ini dapat menjawab rasa penasaranmu mengenai sosoknya dan selamat membaca!

Editor: Ester

Tag: #poppy capella    #poppy capella suami    #biografi    #siapa poppy capella    #poppy capella biodata    #miss universe indonesia   

BACA JUGA

BERITA TERBARU