Alasan Tidak Semua Bunyi dapat Dikatakan sebagai Musik (Foto: kelaspintar)

Alasan Tidak Semua Bunyi dapat Dikatakan sebagai Musik

Faulan | Pendidikan | 30-09-2022

PARBOABOA - Bunyi adalah salah satu elemen penting yang pasti ada dalam musik. Pada dasarnya bunyi terdiri dari gelombang bunyi yang dihasilkan oleh getaran.

Musik merupakan salah satu bidang seni yang kini menjadi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Karena bidang seni ini memiliki banyak fungsi, termasuk sebagai media hiburan.

Seni musik banyak disenangi orang karena bisa digunakan untuk relaksasi, meningkatkan mood, dan mengatur emosi. Musik juga enak dan nyaman untuk didengarkan.

Namun, tidak semua bunyi dapat dikatakan sebagai musik karena hanya suara dengan ritme dan melodi saja yang bisa disebut sebagai musik. Jadi jelas bahwa tidak semua suara yang kita dengar bisa disebut musik.

Definisi musik adalah seni mengatur nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menciptakan komposisi suara dengan kesatuan dan kesinambungan.

Hal inilah yang mengharuskan musik yang tersusun dari suara yang berirama dan memiliki melodi musik. Musik tersusun dari beberapa unsur sehingga dapat membentuk sebuah harmonisasi dan keindahan.

Bunyi

Pengertian bunyi adalah energi yang muncul berupa getaran di udara yang dihasilkan dari berbagai benda atau alat musik.

Dalam dunia musik, frekuensi sangat penting, bukan hanya sekedar panjang gelombang atau periode.

Aspek fundamental dari suara atau bunyi dalam musik biasanya digambarkan dalam istilah tingginya nada, durasi, intensitas, dan timbre.

Nada

Nada merupakan salah satu unsur utama musik berupa tinggi atau rendah suatu musik. Bunyi dapat dibedakan menjadi nada dengan tinggi nada atau tala tertentu berdasarkan frekuensi atau menurut jarak relatif nada ke tinggi nada standar.

Perbedaan tala dalam dua nada disebut interval. Nada juga bisa disesuaikan dengan menggunakan tangga nada. Tangga nada adalah serangkaian nada yang ditempatkan pada interval tertentu. Tangga nada umumnya dikategorikan ke dalam tangga nada mayor, minor, dan pentatonik.

Irama

Irama merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari musik. Irama adalah gerakan musik yang terjadi secara teratur, sehingga dapat dirasakan pada saat dimainkan. Irama bisa juga diartikan sebagai urutan gerakan yang menjadi elemen dasar musik dan tarian.

Pengertian Melodi

Melodi dapat diartikan sebagai rangkaian nada atau susunan suara dengan getaran yang teratur. Melodi ini dapat terdengar berurutan dan berirama sekaligus mengekspresikan ide-ide atau gagasan.

Melodi juga dapat didefinisikan sebagai urutan tiga nada atau lebih dalam musik yang berirama.

Dalam sebuah lagu, melodi menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Karena melodi bisa berkembang lagi menjadi irama, lalu menjadi tekanan, lalu menjadi harmoni.

Elemen-elemen ini tentu saja tidak dapat dipisahkan semuanya dan harus dijalankan secara berurutan. Meskipun melodi adalah elemen selanjutnya setelah irama, tetapi proses penyajian musik dimulai dengan senandung. Senandung tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah lagu yang dapat dinikmati oleh pendengarnya.

 

 

Tag : #musik    #bunyi    #pendidikan    #melodi    #nada   

Baca Juga